Papua 7 Positif Covid-19. Menurut info terbaru, Jayapura 4, Merauke 3.da terbaru Mimika dua orang. Tampak Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua,  dr. Silwanus Sumule, saat berikan keterangan. ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Update kasus positif Covid-19 di Papua melonjak signifikan. Hanya dalam sehari saja kasus positif Corona di Papua naik lebih dari 100 persen.

Data per Kamis, 26 Maret 2020 memperlihatkan jumlah kasus positif Corona di Papua naik menjadi tujuh kasus. Padahal sehari sebelumnya jumlah kasus positif dinyatakan sebanyak tiga orang.

“Hari ini ada penambahan 4 orang, jadi jumlah positif terinfeksi virus Corona di Papua menjadi 7 orang,” terang Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) kepada wartawan, Kamis (26/03/2020) malam.

Hal mencengangkan adalah empat kasus baru itu seluruhnya di Kota Jayapura sedangkan tiga kasus sebelumnya di Merauke.

Keempat pasien positif Corona yang baru, saat ini tengah dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Jayapura dengan kondisi sakit ringan dan sedang.

“Tapi hal yang buat kami tenang, dari sampel yang kita kirim untuk pemeriksaan, ada 28 orang hasilnya negatif. Ini buat kami semangat terus untuk bekerja. Walaupun kita lihat ada grafik kenaikan jumlah yang positif diatas 100 persen,” terang ia.

Dia tambahkan, saat ini jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua berjumlah 38 orang dan 820 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Tim Satgas Covid-19 tengah bekerja keras bertugas melacak keberaan 820 ODP sesuai data by name by adress yang ada. Pihaknya pu mengimbau agar para ODP tetap tinggal di rumah dan melakukan isolasi mandiri guna menghindari penyebaran virus.

“Yang utama jangan melakukan aktivitas tambahan. Kalau ada keluhan, segera mengunjungi rumah sakit,” ucapnya.

Terakhir Sumule mengingatkan masyarakat Papua untuk tetap menjalankan imbauan pemerintah provinsi dengan menjalankan sosial distancing atau menjaga jarak antar manusia.

“Namun lebih baik agar melakukan isolasi mandiri di rumah saja. Hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Dengan begitu, kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus ini,” pungkas ia.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah RI untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan angka penderita corona secara nasional mencapai 893 orang, dimana 78 orang meninggal dan 35 dinyatakan sembuh. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here