JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Wakil wali kota Jayapura Rustan Saru melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Mall Jayapura, Sabtu (21/3/2020) sore.

Dalam sidak itu wakil wali kota di dampingi Wakapolres Jayapura kota Kompol Heru Hidayanto dan Kepala Dinas Pendidikan kota Jayapura Facruddin Pasolo serta dari pihak Sekolah.

Wakil wali kota mengatakan, sidak ini dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi wali kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano untuk mencagah penyebaran virus corona dengan telah meliburkan sekolah selama dua minggu.

“Kami lakukan sidak untuk memastikan apakah betul-betul bahwa anak-anak kita ini bisa mengerti bahwa hanya boleh istirahat di rumah saja, tidak boleh ke tempat umum dan tempat rekreasi,” ujarnya.

Dikatakan Rustan, dari pantauan terdapat anak-anak sekolah yang masih berkunjung ke Mall. Untuk itu ia menghimbau agar anak-anak tersebut kembali ke rumah dan belajar. “Sehingga mereka mengerti dan pulang ke rumah masing-masing,” katanya

Pihaknya menghimbau kepada orang tua yang anaknya masih berada di bangku pendidikan agar tidak membawa ke tempat umum untuk menghindari penyebaran virus corona atau covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Jayapura Fachruddin Pasolo mengatakan, yang terpenting ialah pengendalian anak secara komprehensif dari orang tua, bukan dari pemerintah maupun petugas satgas.

“Orang tua harus mempunyai kepedulian, harus bisa mendunkung program pemerintah dalam rangka kita mencegah covid -19. Kalau sampai terjadi, itu akan menjadi kerugian bagi kita semua,” jelas Fachruddin.

Untuk itu, ia berpesan bagi setiap orang tua untuk memberikan pemahaman dan mengendalikan anak-anak agar tetap ada di rumah dan belajar secara online. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here