Berharaplah Hanya kepada Tuhan
Baca: Mazmur 146:1-10

“Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan.” (Mazmur 146:3)

Tuhan mengerti benar bahwa kehidupan anak-anak-Nya tak luput dari persoalan dan pergumulan. Oleh sebab itu Tuhan selalu membuka tangan-Nya untuk memberikan pertolongan, dengan maksud hendak mengajar kita untuk tidak berharap pada manusia. Tuhan berfirman dengan keras, “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!” (Yeremia 17:5). Disebut terkutuk orang yang mengandalkan manusia atau kekuatannya sendiri daripada Tuhan adalah pertanda bahwa orang tersebut meremehkan Tuhan dan menganggap Tuhan tak sanggup menolong. “Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?” (Yesaya 40:18).

Ketahuilah bahwa manusia memiliki keterbatasan kekuatan, kemampuan, kesanggupan, kepandaian, kasih dan ketulusannya. Karena itu “Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?” (Yesaya 2:22), adalah “Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia. Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada para bangsawan.” (Mazmur 118:8-9), “Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya: Dia yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia untuk selama-lamanya, yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar. TUHAN membebaskan orang-orang yang terkurung, TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar.” (ayat 5-8).

Bagi orang percaya Tuhan lebih dari cukup! Dialah satu-satunya penolong hidup kita, bukan yang lain. Jangan sekali-kali kita meragukan kuasa Tuhan, sebab cara Tuhan dalam menolong sungguh ajaib: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9).

“Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;” (Mazmur 37:5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here