Cegah Penyebaran Virus Corona, RSUD Yowari Batasi Besukan dan Penunggu Pasien

0
548
Nampak Ruang UGD RSUD Youwari yang sepi dari kunjungan masyarakat. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Youwari, Kabupaten Jayapura membatasi jumlah pengunjung untuk mengantisipasi dan juga pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kebijakan itu telah diberlakukan sejak hari Rabu (18/3) lalu dan juga diberlakukan menyusul adanya instruksi pemerintah mengenai pembatasan berkumpul terhadap masyarakat di suatu tempat guna mengurangi resiko penyebaran virus Corona.

“Sesuai instruksi pimpinan, sekarang jumlah kunjungan ke RSUD Youwari harus dibatasi, satu pasien hanya didampingi oleh satu penjaga saja,” sebut Ketua Satuan Pengamanan (Satpam) RSUD Yowari, Alfred Entong, Kamis (19/3/2020) kemarin saat ditemui awak media.

Untuk kegiatan awal ini, dia mengatakan, bahwa pihaknya sedang melalukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. Sosialisasi sangat dibutuhkan untuk membangun kesadaran kepada masyarakat, khususnya keluarga si pasien.

“Kami gunakan cara persuasif dulu, perlahan-lahan kita sampaikan kepada masyarakat. Karena ini untuk kebaikan kita bersama untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona,” paparnya.

Dirinya mengakui, sejak dua hari terakhir belakangan memang jumlah kunjungan dari keluarga pasien ke RSUD Youwari memang menurun drastis. Jika sebelumnya kepadatan kunjungan masyarakat di rumah sakit plat merah itu sudah terlihat sejak pagi, namun saat ini situasinya sudah berbeda.

“Jadi dua hari belakangan ini sangat sepi pengunjung, mungkin karena isu virus Corona,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan wartawan media online ini, secara umum jumlah kunjungan sangat berkurang. Seperti terlihat di ruang UGD itu tidak banyak pengunjung atau keluarga pasien yang menumpuk disana. Kemudian juga diruang tunggu depan loket pendaftaran pasien juga tampak sepi, kondisi ini terjadi usai merebaknya virus Corona di Papua. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here