Antisipasi Wabah Virus Corona, Bupati Mathius Awoitauw Minta Perketat Keamanan Bandara Sentani

0
431
Tampak Kesibukan Penerbangan di Bandara Sentani (Foto Facebook Hairil)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, meminta PT Angkasa Pura I sebagai operator (pengelola) Bandara Sentani dan pihak yang sudah mendapat tugas pencegahan penyebaran virus Corona memperketat pengawasan terhadap penumpang yang datang ke Kabupaten Jayapura melalui jalur udara.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si saat diwawancarai oleh awak media, Sabtu (14/3/2020) di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. tampak Ketua DPRD Kabupaten Jayapura disamping. (Irfan /LintasPapua.Com)

“Kita minta perhatian serius Angkasa Pura I sebagai pihak pengelola bandara untuk memperketat area bandara terhadap penumpang yang datang (masuk) sebagai upaya pencegahan dini virus Corona di daerah ini, karena telah merebaknya virus yang kita kenal dengan nama Covid-19 tersebut,” pintanya saat dikonfirmasi di Suni Garden Lake Hotel and Resort, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (14/3/2020) sore pekan kemarin

Alasannya, karena bandara adalah pintu masuk orang datang dari segala penjuru daerah dan dunia, apalagi infeksi virus Corona yang dikenal dengan sebutan Covid-19 ini pertama kali terjadi di Kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di puluhan negara, termasuk Indonesia.

“Hal itu perlu dibicarakan pada internal mereka secara teknis dan itu juga perlu disampaikan ke kami selaku kepala daerah. Supaya bisa mempublikasikan dan masyarakat menjadi tahu, karena ini ada kekhawatiran penumpang yang datang atau masuk ke daerah ini,” ungkapnya.

Kata Mathius, meski di Kabupaten Jayapura belum ada temuan pasien yang terpapar virus Corona, namun segala upaya harus dilakukan oleh PT Angkasa Pura (AP) I bersama pihak terkai, untuk memperketat masuknya virus Corona dari luar.

“Kita disini tidak ada dan kalau bisa jangan sampai ada, kalau ada kita akan kerja ekstra lakukan pencegahan-pencegahan yang lebih baik dari awal sebelum ada ditemukannya virus mematikan tersebut,” katanya.

Jadi kiranya, meski Bandara Sentani adalah tanggung jawab Pemerintah Provinsi Papua, bukan berarti Pemerintah Kabupaten Jayapura tidak melakukan sesuatu terkait geegernya wabah virus Corona. Koordinasi semua pihak perlu dilakukan secara intens, agar informasi ke publik bisa dengan cepat dilakukan.

“Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan dari pihak pengelola (operator) bandara perlu di publikasikan ke masyarakat agar masyarakat tidak was-was,” tegasnya.

Selain itu, Bupati Mathius juga menambahkan, selain pencegahan di areal Bandara Sentani, masyarakat juga diminta harus mulai melakukan sejumlah langkah proteksi diri agar tidak tertular virus Corona, dengan rutin mencuci tangan dan hindari berpergian ke tempat umum (keramaian) atau ke negara yang sudah terjangkit virus mematikan tersebut. Atau kalau kurang jelas bisa mencari informasi di media soal cara-cara pencegahan dini agar tidak tertular virus Corona.

“Bila perlu setiap rumah sudah harus menyiapkan cairan antiseptik untuk cuci tangan di rumah. Jadi kalau orang datang minimal bisa cuci tanganlah terlebih awal. Nah, seperti-seperti itu sudah harus dilakukan,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here