SMAN 1 Sentani Gelar Perjusami Menuju Pribadi yang Berkarakter

0
253
Suasana Perjusami SMAN 1 Sentani, Jumat (13/3/2020) kemarin sore.  (Irfan / lintaspapua.clom)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Kepramukaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan pramuka ini pada umumnya diminati oleh semua siswa, karena memang sangat menyenangkan. Salah satu kegiatannya adalah Perjusami.

Selain membentuk karakter baik, Perjusami akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa. Rangkaian kegiatan Perjusami akan melatih ketangkasan fisik serta melatih kecakapan motorik siswa.

Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) yang digelar SMA Negeri 1 Sentani, diikuti kurang lebih 200-an peserta dari 12 kelas, kelas X yang ada di SMAN 1 Sentani. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan upacara sekolah selama tiga hari 13-15 Maret 2020.

Kepala SMA Negeri 1 Sentani, Agnes A. Mambieuw, S.Pd, membuka kegiatan gudep Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), di Lapangan Upacara SMAN 1 Sentani, Jumat (13/3/2020).

Kepala SMA Negeri 1 Sentani, Agnes A. Mambieuw menyampaikan, kegiatan Perjusami dilaksanakan dengan tujuan agar siswa siswa disiplin dan dapat membentuk pribadi generasi muda yang berkarakter.

“Hari ini (kemarin sore), kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) SMAN 1 Sentani tahun ajaran 2019/2020 khususnya untuk kelas X. Ini merupakan program sekolah bidang Pramuka yang ada di SMAN 1 Sentani dan memang sudah kami jadwalkan untuk Perjusami terlaksana dengan mengangkat tema ‘Membentuk Pribadi Berkarakter’,” ujarnya, Jumat (13/3/2020) kemarin sore.

Lanjut kata Agnes, Pramuka juga salah satu wadah dalam rangka pembentukan karakter peserta didik maupun anggota Pramuka di SMAN 1 Sentani.

Agnes yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabiigus) SMAN 1 Sentani itu mengharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kreativitas siswa utamanya dalam bidang kepramukaan. Selain itu, melahirkan kader-kader yang memiliki karakter dan juga jati diri. Sehingga nantinya dapat menjadi contoh dari gudep lainnya di Kabupaten Jayapura.

“Kami selaku Kamabigus juga berharap melalui pembinaan kepramukaan ini semakin mengutuk kemauan mereka untuk meningkatkan prestasinya, dan dapat bersaing baik di bidang pendidikan, lembaga swasta maupun lingkungan sosial yang mengatasnamakan almamater dengan predikat yang baik. Semoga materi-materi kepramukaan yang isinya dalam rangka pembentukan karakter anak-anak bisa terwujud dan diberikan oleh narasumber atau penyaji yang akan menyampaikan materi dalam kegiatan Perjusami tersebut,” harapnya.

Tema Perjusami SMAN 1 Sentani tahun 2020 ini adalah “Membentuk Pribadi Berkarakter”.

Menurut Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 2603 Jayapura Alex Dusay, SH, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan “untuk mendidik kemandirian anak pada usia SMA. Dengan harapan, siswa baru kelas X mampu menjadi Pramuka sejati. Sehingga, bisa mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan agama.

“Saya diundang karena ada dari pihak Dinas Pendidikan provinsi Papua yang hadir dalam kegiatan Perjusami, sebagai motivasi kepada adik-adik pramuka penegak di Gugus Depan SMAN 1 Sentani. Kita hadir untuk memotivasi mereka sebagai anggota Pramuka, berarti mempunyai tanggungjawab moril yang besar. Karena astut merah putih yang ada di pramuka ini mengajar kita untuk mencintai sesama, terutama di rekan pramuka dan juga masyarakat. Kalau kita mempunyai (astut) ini nafasnya adalah Tri Satya dan Dasa Dharma,” tuturnya.

“Landasilah kehidupan ini dengan Dasa Dharma dan Tri Satya. Seperti yang dicontohkan dalam kegiatan Perjusami kali ini. Juga tetap jaga kekompakan Antar sesama anggota Pramuka,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here