KPU Keerom Laksanakan Ujian Tertulis Bagi Calon PPS

0
742
Pelaksanaan Ujian Tertulis Panitia Pelaksana Pemungutan Suara (PPS) oleh KPU Keerom dalam rangka persiapan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020, di SMKN I Arso, Rabu (11/03/2020). (Arief /LPC)

377 peserta bakal disaring untuk mengisi kursi PPS di 91 Kampung Jelang Pilkada Keerom 2020

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 377 peserta mengikuti ujian tertulis dalam rangka seleksi anggota PPS yang digelar KPU Keerom, Rabu (11/03/20) di SMK Negeri I Keerom, Yuawanain, Arso II. Seperti diketahui dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Keerom yang akan dilaksanakan Rabu, tanggal 23 September 2020, mendatang, maka KPU Keerom secara bertahap telah melakukan perekrutan PPD dan kini PPS dan selanjutnya KPPS.

Mereka yang mengikuti test tertulis ini sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi untuk selanjutnya akan mengikuti test wawancara. Pada kegiatan ujian tertulis ini, para peserta dibagi kedalam 16 ruang ujian yang dibagi dalam dua sesi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Adam Arisoi, SE (Komisioner KPU Provinsi Papua Divisi Logistik dan Keuangan), Fransiskus Antonius Letsoin, SE (Komisioner KPU Provinsi Papua Divisi Sosialisasi dan SDM), Zandra Mambrasar, SH (Komisioner KPU Provinsi Papua Divisi Hukum dan Pengawasan), Diana Simbiak, S.Sos (Komisioner KPU Provinsi Papua Divisi Perencanaan dan Data), juga dari komisoner KPU Keerom, Frengki Tiwe.

Dalam arahan sebelum ujian, mewakil Ketua KPU Keerom, Adam Arisoi, SE, mengemukakan dan menjelaskan bahwa peserta calon PPS merupakan garda terdepan kedua setelah KPPS. Dan dari hasil pemeriksaan dokumen persyaratan masih banyak yang kurang seperti ijazah dan KTP, maka ia meminta untuk peserta yang belum lengkap untuk segera melengkapinya.

‘’Tugas pokok PPS nanti akan berat termasuk sosialisasi ke KPPS-KPPS yang ada di kampung-kampung hingga membantu tugas-tugas KPUD Keerom dari persiapan hingga selesainya ditetapkan Bupati dan wakil Bupati terpilih, diharapkan bagi peserta yang mengikuti tes ini untuk cermat dalam melengkapi dokumen persyaratan yang harus dilengkapai termasuk eKTP yang menunjukkan bahwa benar-benar penduduk Keerom,’’pesannya.

Selanjutnya peserta melaksanakan ujian tertulis dengan waktu pengerjaan soal dimulai dengan durasi selama 1 jam dan jumlah soal sebanyak 40 soal dengan bentuk soal seluruhnya pilihan ganda. Materi dalam soal tertulis ini antara lain, Pemahaman wilayah kerja, Tupoksi PPS dan KPPS, Pemahaman Ideologi dan Konstitusi NKRI, Tahapan Pilkada 2020, Azaz Demokrasi, Organisasi KPU di Indonesia, UU Pemilu/Pemilukada, Struktur Organisasi PPS dan KPU serta Pemahaman Partai Politik. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here