Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kossay, SH, M.Hum, saat diwawancara. (Arief / lintaspapua.com)

Ketua KPU Papua : KPU RI Telah Meminta Kami Mengklarifikasi Daftar Tunggu No. 6, 7 dan 8

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kossay, SH, M.Hum, mengemukakan bahwa lowongnya tiga kursi komisoner KPU Keerom, pasca turunnya ketetapan DKPP, diharapkan segera terisi dalam waktu dekat ini.

Kantor KPU Keerom. Arief / lintaspapua.com)

Ia mengemukakan hal ini kepada wartawan, di Arso II, belum lama ini. Menurutnya mengingat pentingnya Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten Keerom yang terus berjalan, maka pengisian kursi komisioner KPU Keerom akan dilakukan segera dalam waktu dekat ini.

‘’Dalam waktu dekat ini, menyangkut lowongnya kursi tiga komisioner KPU Keerom paska keputusan DKPP, maka akan segera kita lakukan proses PAW sesuai mekanisme yang ada,’’ungkapnya menjawab lintaspapua.com belum lama ini di Arso II.

Ia menambahkan bahwa sesuai mekanisme, bahwa KPU RI telah menyurat kepada KPU Provinsi Papua untuk memberhentikan 3 orang yang telah ditetapkan DKPP. Dan KPU Papua telah melaksanakan hal tersebut.

‘’Setelah itu, KPU RI telah menyurat kepada kami yaitu meminta kepada KPU Provinsi Papua untuk mengklarikfikasi daftar tunggu anggota KPU Keerom no 6, 7 dan 8. KPU telah mengklarifikasi hal ini kepada daftar tunggu apakah mereka pernah ikut tim sukses atau terkait kasus lainnya, hasilnya kita kirim ke KPU RI dan kita tengah menunggu surat dari KPU dan diharapkan komisioner KPU PAW akan segera dilantik dalam waktu dekat ini,’’jelasnya.

Sementara itu dari data yang ada diketahui bahwa calon komisoner KPU Keerom yang masuk daftar no 6, 7 dan 8, diantaranya adalah Walhamri Wahid, Robertus Watae dan Andrenikus Tuamis. Ketika media ini mencoba mengkonfirmasikan, mereka nampak enggan berkomentar lebih jauh.

‘’Memang benar kami sudah menjalani verifikasi dan klarifikasi yang dilakukan KPU Provinsi Papua. Jadi saat ini, kita prinsipnya menunggu saja, bila ditunjuk untuk menjadi komisoner PAW, tentunya karena ini panggilan negara, maka kami akan siap,’’ujar salah seorang calon komisioner, namun ia meminta agar namanya tidak dikorankan. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here