Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua, Jery A Yudianto optimis entri data oleh KONI seluruh Indonesia akan rampung sebelum waktu yang ditentukan. (Erwin /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sampai dengan hari keempat pasca dibukanya pendaftaran online atlet dan ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, tercatat sebanyak dua provinsi telah melakukan entri data. Dua provinsi itu, yakni Aceh dan Jawa Timur.

Kendati demikian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua, Jery A Yudianto optimis entri data oleh KONI seluruh Indonesia akan rampung sebelum waktu yang ditentukan.

“Sampai hari ini kalau didalam sistem baru Provinsi Aceh dan Jawa Timur yang sudah mulai melakukan pendaftaran”.

“Waktu (pendaftaran) juga masih panjang sehingga saya rasa provinsi mungkin saat ini masih melakukan persiapan, sebelum menginput data pada layanan pendaftaran yang kami buka secara online pada 20 Februari hingga April 2020,” ucap ia di Jayapura, Senin (24/2/2020).

Dikatakan, dalam ketentuan pertandingan multi iven berdasarkan PP No. 17 Tahun 2007 tentang penyelenggaraan pekan dan kejuaraan olahraga, proses pendaftaran multi iven PON dilakukan sebanyak tiga tahap.

Tahap pertama pendaftaran dibuka pada 20 Februari s/d 19 April 2020. Kemudian tahap kedua dibuka pada 20 April s/d 19 Juni 2020. Sementara ketiga, keabsahan atlet dan ofisial akan ditentukan dalam Delegation Registration Meeting (DRM) yang dijadwalkan pada pertengahan Agustus 2020 mendatang.

“Sebab nanti pada pelaksanaan DRM ini, tim aju dari masing-masing provinsi akan mengkonfirmasi seluruh data akreditasi yang ada. Selanjutnya, panitia PON di Papua akan menerbitkan preview id card”.

“Nah kalau sudah diterbitkan preview id card, berarti atlet dan ofisal itu sudah pasti jadi kontingen PON 2020. Nanti setibanya di Papua, preview id card itu akan ditukarkan menjadi id card resmi sebagai peserta PON 2020,” pungkas dia.

Sebelumnya, Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda memastikan pendaftaran atlet yang akan berlaga pada iven empat tahunan itu, telah dibuka pada 20 Februari s/d  19 April 2020 mendatang.

Pendaftaran dibuka secara online guna memudahkan operator di masing-masing KONI se-Indonesia, dalam menyampaikan data para atlet maupun ofisialnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here