Gembala yang Baik
Baca: Mazmur 23:1-6

“Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;” (Mazmur 23:2)

Setiap kali kita membaca mazmur Daud ini, setiap kali pula kita merasakan betapa besar kasih, perhatian dan kebaikan Tuhan dalam kehidupan anak-anakNya. Kita tahu, Daud sendiri sebelum menjadi raja adalah seorang gembala, sehingga melalui pengalaman pribadinya dia dapat berbicara banyak soal gembala.

Daud berkata, “Tuhan adalah gembalaku,” (ayat 1) yang ditujukan kepada Allah Israel. Pernyataannya ini ditegaskan kembali oleh Tuhan Yesus sendiri ketika Dia berada di bumi, “Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku” (Yohanes 10:14).

Dalam mazmurnya Daud tidak berbicara tentang dirinya sebagai gembala, tetapi sebagai ‘domba’ yang sangat bangga, sangat memuji dan mengandalkan ‘gembalanya’. Daud dengan bangganya ingin menunjukkan bahwa Tuhan itu gembalanya dan pemimpinnya. Karena pernah memiliki pengalaman sebagai seorang gembala maka Daud dapat merasakan dan memahami betapa domba-domba sangat bergantung penuh kepada gembalanya.

Hidup mati domba-domba sangat bergantung penuh kepada siapa dan seperti apa gembalanya. Dalam tangan gembala tertentu (upahan), domba-domba terkadang harus berjuang sendiri untuk mendapatkan makanan serta mempertahankan hidupnya dari serangan binatang buas karena gembala tersebut sama sekali tidak memperhatikan domba-dombanya (baca Yohanes 10:12-13). Sebaliknya, dalam pemeliharaan gembala yang baik domba-domba akan merasa aman dan terpuaskan karena senantiasa dijaga, dipelihara dan dituntun ke padang rumput dan juga air yang tenang.

Maka Daud dapat berkata, “…takkan kekurangan aku.” (ayat 1) karena ia berada di bawah pengawasan dan pemeliharaan seorang gembala yang baik. Sebagai anak-anakNya kita patut bersyukur karena memiliki Gembala yang baik yaitu Yesus; Dia tidak pernah membiarkan dan meninggalkan kita sendirian, sehingga seperti yang dituturkan Daud, ia tidak takut akan marabahaya (ayat 4).

“Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;” (Yohanes 10:11b).

(Kiranya Renungan Singkat ini Menjadi Berkat dan Membangun Iman Percaya Kita Berjalan Dalam Kasih Tuhan, Disadur dari Aplikasi Renungan Harian )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here