SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Asisten III Pemerintah Kabupaten Jayapura, Dr.Timothius J. Demetouw mewakili Bupati Jayapura di dampingi Kabid Tata Ruang dan Tata Kota Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura Andreas Hurunama,ST dan Kasubbid Tata Ruang Bappeda Kabupaten Jayapura, Lukman, menghadiri kegiatan “Sosialisasi dan Coaching Cling Permohonan Pelepasan HPK Tidak Produktif untuk Sumber Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA)” pada hari Kamis, 20 Februari 2020.

Kegiatan bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Direktorat Jenderal Planologi kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut Asisten III bersama Tim TORA HPK Kementerian membahas Pemanfaatan lahan yang berada di Kampung Toware Sentani kurang lebih sekitar 139 Hektar. Lahan tersebut sudah di setujui pemanfaatannya namun secara administrasi belum melengkapi persyaratan sesuai TORA dari Kementerian, oleh sebab itu Pemerintah Daerah sudah diberikan petunjuk dari Kementerian untuk melengkapi persyaratan administrasi.

Asisten III Pemerintah Kabupaten Jayapura, Dr.Timothius J. Demetouw dalam pertemuan tersebut mengatakan,  bahwa inti dari TORA lebih di prioritaskan kepada masyarakat sebagai pengguna lahan TORA atau hutan produksi konversi.

“Kemudian masyarakat di harapkan sudah bisa diatur sehingga pemanfaatan satu orang atau satu Kepala Keluarga kurang lebih mendapat 5 hektar dari setiap luasan yang diperuntukkan dan di harapkan masyarakat dapat bisa berada di sekitar lokasi pemanfaatan atau lahan yang nantinya dapat di gunakan,” jelasnya. (Laporan Samuel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here