Penanaman bibit pohon mangrove di Pantai Mendug Teluk Youtefa. (Foto : Humas Polda Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 tahun 2020, yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Papua menanam 200 bibit pohon Mangrove di kawasan pantai Mendug teluk Youtefa, Jayapura, Sabtu, (15/2/2020).

Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Roma Paulus Waterpauw menjelaskan, Bhayangkari daerah Papua juga ikut berperan serta dalam pelestarian lingkungan salah satunya yaitu penanaman pohon mangrove.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 tahun 2020, yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Papua menanam 200 bibit pohon Mangrove di kawasan pantai Mendug teluk Youtefa, Jayapura, Sabtu, (15/2/2020). (Humas Polda Papua)

“Kita ketahui bahwa mangrove merupakan salah satu ekosistem esensial di dunia yang sangat besar manfaatnya bagi penduduk Indonesia yang tinggal di daerah dekat pantai yakni untuk mencegah abrasi dan tsunami serta peresapan air laut ke daratan dan mencegah timbulnya bencana alam banjir akibat curah hujan yang tinggi,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Diharapkan dengan penanaman bibit mangrove dapat memberikan manfaat yang besar terhadap lingkungan sekitar.

Dalam kegiatan tersebut Bhayangkari Daerah Papua mengajak Anak-anak TK sehingga melalui kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan mengajarkan sejak dini tentang peduli terhadap lingkungan.

“Ini menjadi tanggungjawab kita bersama dalam melestarikan lingkungan sekitar kita dengan menanam pohon. Hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak, baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitarnya khususnya bagi penduduk pesisir,” ujarnya.

Lebih lanjut di jelaskannya, salah satu manfaat dan peranan hutan mangrove ialah mencegah terjadinya erosi dan abrasi pantai. “Hutan Mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air,” pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan ini hadir juga Wakil Ketua Pengurus Bhayangkari Daerah Papua Ny. Pinta Yakobus Marjuki, Wakil Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Papua Ny. Nova Patrige Renwarin dan Anak-anak TK serta perwakilan Guru. (Gracio / LINTASPAPUA.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here