Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro pertama melakukan sensus penduduk 2020 secara online yang dipandu langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Jayapura Jeffrey De Fretes, S.Kom, M.M, Sabtu (15/2/2020) pagi pekan kemarin. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura memilih Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro sebagai orang pertama yang masuk pendataan online petugas pencacah BPS Kabupaten Jayapura.

Mendatangi langsung rumah pribadi di Jalan Sentani, Kelurahan Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (15/2/2020) pagi pekan kemarin, petugas pencacah dari BPS Kabupaten Jayapura ini dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Jayapura Jeffrey De Fretes, S.Kom, M.M., mendapat sambutan hangat dari Wakil Bupati Jayapura.

Memperlancar proses pendataan pengisian data penduduk, Wabup Giri Wijayantoro dipandu langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Jayapura, Jeffrey De Fretes, S.Kom, M.M.

Wabup Jayapura sangat mendukung program sensus penduduk online tersebut dengan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura berperan aktif menyukseskan sensus penduduk 2020.

“Dengan data online ini, maka data penduduk menjadi mudah terdeteksi, kemudian tidak ada lagi data penduduk ganda. Jadi, dalam kehidupan bernegara kedepan lebih tertib dan transparan,” ucapnya.

Selain itu, Wabup Giri juga mengingatkan, masyarakat yang ada di Bumi Khenambay Umbay agar dapat menerima baik petugas sensus penduduk 2020 yang datang berkunjung ke rumah penduduk untuk melakukan wawancara nantinya.

“Sensus yang dilakukan 10 tahun sekali ini tidak hanya menjadi perhatian Badan Pusat Statistik (BPS), tentu juga pemerintah daerah. Dimana data yang terkumpul dan menjadi satu data kependudukan itu nantinya dapat dimanfaatkan seluruh OPD di Kabupaten Jayapura untuk menjalankan tugas masing-masing,” bebernya.

Ia menambahkan, melalui sensus penduduk online, tentunya akan memudahkan petugas sensus pada saat sensus wawancara, karena data telah terisi atau lengkap.

“Saya berharap seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura aktif dalam memperbaharui ddata keluarga melalui website BPS,” tandas Giri Wijayantoro.

Usai, mendata Wabup Giri, selanjutnya petugas BPS bertolak menyambangi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.M., untuk melakukan sensus selanjutnya.

Usai Sekda Hanna mengisi data sensus penduduk secara online, kepada awak media ia mewakili pemerintah daerah juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di 19 Distrik se-Kabupaten Jayapura, kiranya mau ikut berpartisipasi memberikan dukungan data kepada petugas BPS terkait sensus penduduk yang dilakukan, sehingga keberadaan penduduk seluruhnya dapat teridentifikasi.

“Baik penduduk orang asli Papua (OAP) maupun Non Papua yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura seluruhnya, sehingga data dapat untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Jayapura kedepannya,” terang perempuan yang pernah menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura tersebut.

Untuk diketahui, dalam sensus penduduk berbasis online ini masyarakat diberikan kebebasan. Dimana, setelah login ke alamat website sensus.bps.go.id, bisa diisi langsung dengan nomor Kartu Keluarga (KK) dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Keluarga (KK) serta mengisi kolom tentang data diri masing-masing.

Pelaksanaan sensus penduduk (SP) 2020 secara online di Kabupaten Jayapura ini dimulai sejak hari Sabtu 15 Februari 2020 sampai dengan tanggal 31 Maret 2020.

Tak hanya sensus penduduk (SP) 2020 secara online, nanti setelah tanggal 31 Maret 2020, tepatnya pada bulan Juli akan dilakukan sensus penduduk wawancara langsung untuk mengakomodir warga yang tidak bisa melaksanakan sensus penduduk secara online seperti yang tempat tinggalnya masih kesulitan sinyal internet. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here