Berdoa dengan Ucapan Syukur
Baca: Filipi 4:1-9

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6)

Kita diajarkan menyerahkan persoalan hidup kepada Tuhan secara penuh! Ini mencakup semua masalah berkenaan penghidupan (makan, minum, pakaian), keuangan, sakit-penyakit, ketakutan, kesulitan dan kekuatiran kita. “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Petrus 5:7). Nyatakanlah segala keinginan kita kepada Tuhan dalam doa dan permohonan, dengan disertai ucapan syukur.

Banyak orang merasa sudah menyerahkan semua persoalan hidupnya kepada Tuhan melalui doa-doa mereka, tapi masih diliputi kekuatiran, ketakutan, keluh kesah, persungutan dan gerutu. Kalau kita masih saja kuatir, takut, mengeluh, bersungut-sungut, dan menggerutu tentang permasalahan yang dialami, itu artinya kita belum menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Selama kita masih memeluk erat masalah-masalah itu tidak ada gunanya kita berdoa, karena kita sendiri belum mau melepaskan semua masalah itu kepada Tuhan. Jika Saudara merasa sudah menyerahkan semua masalah kepada Tuhan, artinya kita tidak memiliki masalah itu lagi, sebab masalah tersebut sudah berada di tangan Tuhan yang penuh kuasa. Tuhan mau menanggung persoalan hidup kita sehingga kita tak perlu lagi menanggungnya!

Tuhan mengingatkan untuk tidak kuatir tentang hidup ini! “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” (Matius 6:27). Saatnya kita datang kepada Tuhan dalam doa dan permohonan disertai ucapan syukur! “Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya! Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.” (Mazmur 100:4-5). Memasuki gerbang Tuhan dengan nyanyian syukur dan pelataran-Nya dengan pujian menunjuk pada hal berdoa. Ucapan syukur bertalian erat dengan doa.

Serahkan semua beban hidup Saudara kepada Tuhan, pertolongan-Nya selalu tepat pada waktu-Nya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here