Kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar, saat diwawancara. (Irfan / LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Khawatir terjangkit virus corona, empat orang mahasiswa kedokteran asal Kabupaten Jayapura, Papua, dipulangkan dari China.

Keempat mahasiswa yang pulang itu adalah Cristian Sokoy, Windy Yoku, Gloria Tokoro dan Gabriela Puhili. Keempatnya merupakan mahasiswa kedokteran tingkat akhir di Universitas Tiongkok dan merupakan program Penelusuran Pengembangan dan Potensi Putra-putri Papua (P5).

“Mereka semua ada empat orang yang sudah pulang dari China. Mereka adalah mahasiswa kedokteran yang dikirim oleh Pemkab Jayapura untuk menempuh pendidikan di China,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar, kepada wartawan pekan kemarin.

Selain itu, Alex Rumbobiar menambahkan, setelah kepulangan mereka ke Indonesia dan seluruhnya telah tiba di Jayapura, selanjutnya para mahasiswa diminta untuk tetap sabar menunggu kabar dari China soal situasi disana pasca penyebaran wabah virus corona.

“Kalau sudah aman mereka bisa kembali melanjutkan studi lagi disana, dan dari hasil laporan yang kita terima dari mahasiswa untuk sementara semua perguruan tinggi di China telah ditutup,”jelasnya.

Katanya, setelah kepulangan mahasiswa asal Kabupaten Jayapura ke tanah air, Pemerintah Kabupaten Jayapura secara intens akan terus berkomunikasi dengan pihak ketiga selaku pihak yang bertanggung jawab untuk mengembalikan para mahasiswa tersebut kembali ke China.

“Kami harapkan setelah persoalan di China berakhir, kami akan komunikasi segera dengan pihak ketiga biar bisa segera kembali kesana. Karena mereka ini sudah masuk tingkat akhir dan tidak lama lagi lulus,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here