Salah satunya Bukit Tungkiwiri atau lebih dikenal dengan nama Bukit Teletubbies yang berada di Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura. (Irfan / LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Wisatwan kini memiliki banyak pilihan untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan atau weekend, dengan hadirnya sejumlah obyek wisata baru di Kabupaten Jayapura. Salah satunya Bukit Tungkiwiri atau lebih dikenal dengan nama Bukit Teletubbies yang berada di Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

Obyek wisata Bukit Teletubbies kini menjadi pilihan alternatif masyarakat Sentani dan sekitarnya sebagai tempat kunjungan wisata keluarga yang aman dan nyaman, bahkan tempat tersebut kini marak menjadi tempat pilihan untuk berswafoto (foto selfie) dan foto bersama keluarga dengan latar belakang alam yang begitu eksotis dan menawan.

Obyek wisata tersebut kini semakin sering dikunjungi para pengunjung atau wisatawan yang tidak hanya dari Kota Sentani saja, tapi ternyata ada juga pengunjung dari Kota Jayapura yang tertarik untuk datang. Karena tarif masuk ke kawasan wisata ini relatif terjangkau oleh masyarakat kebanyakan, cukup merogoh kocek Rp. 5000 untuk biaya parkir roda dua dan Rp. 10.000 untuk biaya parkir roda empat.

Salah satu pengunjung tempat wisata tersebut, Aris Dawi mengatakan dirinya hampir tiap minggu datang ke tempat wisata tersebut khususnya di hari Minggu. Selain untuk berwisata, tempat tersebut dipilihnya sebagai objek foto dan pengambilan gambar video guna menambah koleksinya untuk diupload ke aplikasi YouTube.

”Saya pergi ke bukit Teletubbies dalam seminggu itu bisa tiga sampai empat kali, saya sengaja datang untuk hunting foto dan untuk produksi video yang akan saya upload di YouTube, karena disini Sunsetnya sangat indah di saat sore hari, apalagi ditemani latar belakang danau dan bukitnya,” ungkapnya, kepada wartawan, pekan kemarin.

Aris menambahkan, dirinya semakin sering kesana, karena jalan menuju tempat tersebut dari lokasi parkir sudah bisa dilewati dengan nyaman, setelah dilakukan pengerasan dengan cara di cor semen, termasuk anak tangga yang dibuat untuk naik ke puncak bukit tersebut.

“Selain nyaman, kita juga cukup bayar sekali untuk parkir dan tidak ada pungutan-pungutan lain, jadi kita tidak was-was tinggalkan kendaraan ke lokasi yang mau kita kunjungi,” paparnya.

Senada dengan Aris, pengunjung lain yang ditemui secara terpisah, Yanti menuturkan dia bersama keluarga datang ke Bukit Teletubbies untuk berwisata dan menghibur anak-anak, yang dinilai aman bagi anak-anak, karena didukung dengan lingkungan dan masyarakat sekitar yang bersahabat.

“Saya tahu Bukit Teletubbies ini dari cerita teman-teman, dan juga tahu dari media sosial (MedSos) seperti Facebook. Karena penasaran saya kesini dan memang tempatnya rame dan banyak yang datang,” jelasnya.

Obyek wisata Bukit Teletubbies kini ramai dibicarakan masyarakat, karena foto-foto hasil jepretan para pengunjung ramai beredar di dunia maya. Khususnya melalui media sosial, Facebook (fb), Instagram (IG), YouTube, TikTok dan lain sebagainya, dengan menonjolkan pemandangan di area bukit tersebut. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here