Segambar dan Serupa dengan Tuhan
Baca: Kejadian 1:26-31

“Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26)

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna dan sangat luar biasa, namun banyak orang tidak menyadarinya, sehingga mereka mengisi hari-harinya dengan asal, sembrono, diliputi ketidakpuasan, ketakutan dan mudah berputus asa.

Bahkan, sering dijumpai tidak sedikit orang yang karena tidak kuat dengan beratnya tekanan hidup, mereka melakukan tindakan yang salah dan mengambil jalan pintas: mengonsumsi narkoba, larut dalam dunia malam, atau bunuh diri, dan sebagainya.

Bila kita merenungkan firman Tuhan ini, jelas sekali dikatakan bahwa Tuhan menciptakan kita menurut gambar dan rupa-Nya sendiri, yang artinya adalah bahwa kita seharusnya juga mewarisi sifat-sifat atau karakter Ilahi. Itulah sebabnya kita dapat berpikir, mengasihi, mengampuni, berbuat baik dan sebagainya, dan ini berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya yang lain.

Segambar dan serupa dengan Tuhan juga berarti bahwa Tuhan memberikan kuasa kepada manusia untuk menjalani hidupnya: “…supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (ayat nas).

Ayat ini memberi satu kekuatan kepada kita bahwa sesungguhnya kita bukanlah seorang pecundang, tetapi kita ini lebih dari pemenang karena kita punya kuasa! Alangkah sayangnya apabila banyak anak Tuhan yang hidupnya tidak menunjukkan ‘kuasa’ itu, yaitu hidup di dalam kekalahan dan terus kalah.

Melalui renungan ini Tuhan menegaskan bahwa kita ini diciptakan segambar dan serupa dengan-Nya, oleh karena itu hidup kita harus memancarkan sifat dan karakter seperti Dia; dan sudah seharusnya kita menjalani hidup ini dengan penuh semangat dan keberanian, karena kita memiliki kuasa, bahkan “…semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;” (Yohanes 1:12). Apa pun keadaannya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menang atas masalah, tantangan, pergumulan, dosa dan atas roh-roh jahat!

Jalanilah Hidup ini Dengan Kuasa Kkemenangan di Dalam Tuhan !. (Dikutip Dari Aplikasi Renungan Harian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here