Mabes Polri Tiba di Jayapura Pantau Venue, Stakeholder Diminta Segera Rampungkan Persiapan PON XX 2020

0
317
Kunjungan tim Mabes Polri dipimpin Kabaintelkam Komjen Agung Budi, didampingi Kakorlantas Irjen Istiono serta Asops Kapolri Irjen Herry Rudolf Nahak. (Erwin /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Markas Besar (Mabes) Polri mulai melakukan pemantauan sejumlah venue di Kabupaten dan Kota Jayapura, pada Kamis (6/2/2020), guna memperkirakan kekuatan maupun strategi keamanan dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX mendatang.

Kunjungan tim Mabes Polri dipimpin Kabaintelkam Komjen Agung Budi, didampingi Kakorlantas Irjen Istiono serta Asops Kapolri Irjen Herry Rudolf Nahak.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Idris Salama mengimbau, seluruh stakeholder yang bertanggungjawab agar mempersiapkan penyelenggaraan PON sebagaimana mestinya.

“Sebab kunjugan dari Mabes Polri ini juga akan dilaporkan kepada pemerintah pusat. Dan yang pasti, kunjungan ini bukan hanya untuk melihat venue, tetapi menilai dari sisi keamanan”.

“Kemudian ada juga dari Kakorlantas Mabes Polri yang ikut meninjau untuk menentukan arus lalu lintas saat penyelenggaraan PON nanti,” ucap ia.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw memastikan kedatangan tim Mabes Polri bertujuan memastikan pengamanan saat pelaksanaan PON 2020. Ia pun telah menyampaikan kepada tim Mabes Polri, dimana Polda Papua masih memerlukan tambahan personil.

“Intinya PON Papua memerlukan pengamanan yang ekstra. Perkiraan sekitar 11-13 ribu pasukan lagi yang kita perlukan,” ujarnya ia.

Menurut dia kedatangan para pejabat tinggi Polri masih akan terjadi hingga pelaksanaan PON di Oktober 2020.

Dimana kehadiran mereka untuk melihat sisi-sisi bagaimana mengatur pengamanan serta mengantisipasi kerawanan-kerawanan maupun memastikan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan

Asop Kapolri Irjen Herry Rudolf Nahak memastikan kedatangannya bersama dua pejabat tinggi Polri lainnya untuk mendata titik-titik penyelenggaraan dan juga dimana tempat penginapan atletnya.

Kendati begitu, mengenai usulan penambahan personil untuk pengamanan PON, Nahak belum bisa memastikan.

“Hanya saja hal tersebut bisa ditentukan bila seluruh venue dan penginapan atlet sudah selesai dibangun”.

Diketahui, tim Mabes Polri pada Kamis pagi meninjau pembangunan venue Stadion Papua Bangkit, venue atletik di kawasan Universitas Cenderawasih, venue tenis di Kompleks perkantoran Walikota Jayapura serta Venue Karate di Sekolah Penerbangan dan GOR Cenderawasih.

Dijadwalkan pada Jumat (6/2/2020), tim Mabes Polri akan mengunjungi Kabupaten Merauke meninjau venue sepakbola, motor cross, catur dan anggar. Kemudian venue futsal, bola tangan, atletik, basket dan biliard Kabupaten Mimika. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here