Wujudkan WBK dan WBBM, Pengadilan Agama Sentani Canangkan Zona Integritas

0
191
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro sedang memberikan sambutan pada saat Pencanangan Zona Integritas WBK dan WBBM, di Kantor Pengadilan Agama Sentani, Kamis (30/01/2020) pagi. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme yang disertai dengan upaya dalam mewujudkan wilayah birokrasi bersih dan melayani serta bebas korupsi. Pengadilan Agama (PA) Sentani lakukan pencanangan zona integritas.

Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Sentani, Jamaluddin Muhammad menuturkan, dengan adanya (pencanangan) ini, maka sudah tentu pihaknya berkomitmen meningkatkan pelayanan terbaik bagi setiap pribadi yang datang mencari keadilan.

“Pada dasarnya zona integritas WBK dan WBBM adalah program nasional yang diatur oleh Undang-Undang. Jadi Pengadilan Agama Sentani merupakan lembaga penegak hukum di bidang perdata khusus yang melayani tiga kabupaten, yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya,” terang Wakil Ketua PA Sentani, Jamaluddin Muhammad kepada wartawan, seusai pencanangan dan penandatanganan zona integritas WBK dan WBBM di Pengadilan Agama Sentani, Kamis (330/1/2020) kemarin.

Menurut Jamaluddin, pencanangan zona integritas yang dilakukan pihaknya ini mempunyai satu tekad bulat untuk membangun jati diri agar lebih berintegriti dari sisi pelayanan.

“Jika ada orang yang datang, maka sesuai budaya kerja kami, diterima dengn ramah, sopan dan santun dalam melakukan pelayan hukum. Selain itu, tidak dibenarkan lagi adanya pungutan liar tetapi harus bersih,” cetusnya.

Proses pencanangan yang berlangsung di Kantor Pengadilan Agama (PA) Sentani, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro bersama unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, serta pihak swasta maupun perbankan.

Kepada wartawan, Wabup Giri mengatakan, bahwa langkah yang diambil oleh Pengadilan Agama (PA) Sentani merupakan langkah tepat dalam menghadirkan pelayanan yang baik.

“Kami di Pemerintah Kabupaten Jayapura telah melakukan pencanangan seperti ini dan hasilnya kami berturut-turut mendapat penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP). Hal seperti itu yang akan diterapkan di lingkungan pengadilam agama, setelah pencanangan,” ujarnya.

Untuk itu, Giri mengharapkan, dengan telah di canangkannya Zona Integritas Pengadian Agama Sentani menuju WBK dan WBBM kedepannya mampu memberikan pelayanan publik yang bersih, efektif dan transparan.

“Sehingga kita harap kegiatan pencanangan tersebut akan mendorong perbaikan secara nyata dimasa mendatang. Sekaligus sebagai sebuah landasan yang kokoh dalam mewujudkan penegakan hukum berkeadilan dan berhati nurani sesuai harapan masyarakat,” katanya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here