Anggota DPR Papua, Emus Gwijangge terpilih menjadi ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua selama dua setengah tahun kedepan. (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Anggota DPR Papua, Emus Gwijangge terpilih menjadi ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua selama dua setengah tahun kedepan.

Setelah terpilih menjadi ketua Bapemperda Emus mengatakan tugas pertama yang akan dilaksanakan ialah mengevaluasi semua Peraturan Daerah (Perda) yang sudah di bentuk maupun yang akan di bentuk.

Sebeb menurutnya, pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dilembaga ini sangat alot hampir tiga bulan. Namun dengan begitu semua bisa berjalan dengan baik.

“Yang pertama kami akan lakukan adalah Infentarsir semua Perda yang sudah kita keluarkan dan yang sudah ada program diprolekda kami akan kroscek,” ujar mus Gwijangge,  kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, (29/1/2020).

Sehingga dalam bekerja nanti lanjut dijelaskan Emus, kita bisa liat Perda mana yang sudah keluar dan Perda mana yang sudah digabungkan, termasuk ada beberapa Perda yang kita sudah kirim ke Jakarta.

Menurut Emus, pihaknya hanya melanjutkan, pekerjaan yang kemarin dan kepercayaan yang diberikan. “Saya tidak bisa janji tetapi intinya prolekda yang sudah ada kami akan dorong,” ujarnya.

“Seperti beberapa Perda yang sangat penting menyangkut hak proteksi orang asli Papua,” kata Emus menambahkan.

Oleh karena itu, dirinya meminta dukungan dan kerja sama dari pihak eksekutif maupun legislatif untuk sama-sama mengevaluasi total semua Perda yang ada.

Intinya kata Emus, Perda-Perda ini masih banyak yang kabur, “kedepan kita akan perketat biar sedikit yang penting berguna bagi rakyat Papua,” katanya menegaskan.

Dirinya juga memberikan apresiasi dan terimaksih kepada semua teman-teman Dewan yang mana telah memberikan kepercayan kepadanya menjadi ketua Bapemperda selama dua setengah tahun kedepan.

Sekedar untuk diketahui susunan nama-nama dari Bapemperda DPR Papua, Ketua Emus Gwijangge, Wakil Ketua Neulion Katouki, Sekretaris Juliana Waromi.

Sementara itu anggota Bapemperda, Gerson Soma, Fauzun Nihayah, Hosea Genongga, Deki Nawipa, Paskalis Letsoin, Arkelas Asso, Feryana Wakerkwa, Ferdinando Bokowi, Natan Pahabol dan Amos Edowai.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here