Kepala Bandara Kelas I Utama Sentani, A. Widyo Praptono, dengan latar aktivitas pesawat di Bandara Sentani. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA ) – PT Angkasa Pura (AP) I Persero Bandara Sentani mengantisipasi wabah virus corona dengan berkoordinasi bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Sementara (Plts) General Manager (GM) Bandara Sentani A. Widyo Praptono, ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini saat ditemui diruang kerjanya, Senin (27/1/2020) kemarin siang.

Tampak Kesibukan Penerbangan di Bandara Sentani (Foto Facebook Hairil)

“Jadi kalau di bandara Sentani, sejak bergulirnya (merebak) informasi virus corona saya langsung menghubungi ke pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura atau langsung ke Kepala KKP Jayapura (Harold) Pikal, untuk segera melaksanakan antisipasi atau pencegahan khususnya di bandara Sentani,” kata A. Widyo Praptono.

“Untuk mengantisipasi adanya wabah virus corona, maka dilakukan pengecekan suhu tubuh,” sambungnya.

Ia menyampaikan, hal ini langsung ditindaklanjuti oleh pihak KKP Jayapura, termasuk juga mengantisipasi menularnya penyakit malaria yang ada di Papua.

“Ya, minggu lalu sudah dilaksanakan proses pencegahan terhadap virus corona yang berasal dari Tiongkok. Untuk secara spesifik peralatan yang digunakan apa saja nanti bisa langsung ditanyakan ke pihak KKP,” bebernya.

“Kalau dari kami pihak bandara, tugas kami hanya mensupport kegiatan KKP dalam hal pencegahan virus corona khususnya yang ada di Papua dan lebih khusus lagi yang melewati bandara Sentani. Jadi saya hanya mensupport seluruhnya, baik itu fasilitas, tempat dan lainnya. Namun untuk teknisnya di lapangan terkait peralatan yang digunakan adalah fungsi daripada KKP itu sendiri,” sambung Widyo.

Pelaksana Tugas Sementara (Plts) General Manager Bandara Sentani, A. Widyo Praptono, saat diwawancara. (Irfan / lintaspapua.com)

Lanjut dirinya menambahkan, maka langkah selanjutnya akan dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh KKP. Alat-alatnya sudah dipasang dan personilnya juga sudah mulai melaksanakan tugasnya minggu lalu, untuk mencegah masuknya virus mematikan tersebut ke Papua, khususnya lewat bandara Sentani.

“Dan, saya yakin dari pihak KKP sudah mempunyai SOP tersendiri terkait pencegahan virus tersebut. Yang mana, tiap-tiap personil KKP mestinya sudah bisa mengantisipasi akan hal tersebut. Baik itu, dengan menggunakan peralatan maupun dengan pemantauan secara sekilas oleh tim medis yang dimiliki oleh KKP itu sendiri,” imbuhnya.

“Tentunya kami di bandara Sentani selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah masuknya wabah virus corona di Papua, khususnya di Bandara Sentani,” tuturnya.

Sebutnya, terkait peralatan yang dipasang itu berada di terminal kedatangan, tepatnya di garbarata pesawat maupun pintu kedatangan yang berada di lantai dasar.

“Kita pasang di kedatangan, atau di garbarata maupun kedatangan yang ada di bagian bawah. Ada dua (pintu terminal) kedatangan kan. Pesawat-pesawat yang datang dari luar kan bisa lewat garbarata dan juga bisa langsung lewat pintu kedatangan. Disitulah yang kita upayakan untuk kita fasilitasi guna memasang peralatan yang dimiliki oleh KKP,” sebutnya sembari menambahkan bahwa pihaknya juga menyiapkan masker untuk para pegawai di Bandara Sentani untuk mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here