Partai Golkar, Nasdem, PDI-P dan Garuda Akan Bentuk Koalisi di Pilkada Keerom 2020. Tampak sejumah pimpinan Partai Politik di Keerom sedang foto bersama. (Arief / lintaspapua.com)

Partai Golkar, Nasdem, PDI-P dan Garuda Akan Bentuk Koalisi di Pilkada Keerom 2020

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Menyikapi situasi terkini dan makin dekatnya Pilkada Serentak Tahun 2020 yang bakal dilaksanakan 23 September 2020 mendatang, sebanyak empat Parpol di Kabupaten Keerom melakukan pertemuan penjajakan untuk melakukan koalisi pada Pilkada tersebut. Keempat Pimpinan Parpol tersebut pun menggelar pertemuan di salah satu restoran di Kota Jayapura, Rabu malam (21/01/2020).

Pada pertemuan tersebut Parpol yang hadir adalah Partai Golkar, Nasdem, PDIP dan Garuda. Nampak hadir pada pertemuan tersebut Ketua DPD Partai Golkar Keerom, Syahabuddin SP, M.Si., dan Sekretaris, Muchti Ali Y. Sinay. Lalu ada Plt. Ketua DPD Partai Nasdem Keerom, Sigit Widodo, AmG, dan Sekretaris, Agung Rianto. Juga ada Ketua DPC PDIP Keerom, Leonardus Abar dan Sekretaris, Paulus K, serta ada Ketua DPC Partai Garuda Keerom, Gus Wanimbo, S.Th dan sekretaris Edi Wanimbo, S.Th.

Ketua Partai Garuda Kabupaten Keerom, Gus Wanimbo, S.Th, saat diwawancara. (Arief / lintaspapua.com)

Usai pertemuan tersebut, akhirnya keempat Parpol tersebut sepakat untuk melakukan koalisi pada Pilkada Kabupaten Keerom untuk mengusung anak adat Keerom menjadi Bupati Kabupaten Keerom yang akan didampingi oleh Wakil Bupati yang berpengalaman.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Keerom, Syahabuddin SP, MSi kepada wartawan menyampaikan bahwa Partai Golkar menangkap dinamika yang berkembang yang di Keerom inilah yang mendasari mereka untuk mengambil keputusan mendukung anak adat atau anak asli keerim untuk maju pada Pilkada 2020 ini.

Ketua DPD Partai Golkar Keerom, Syahabuddin SP, M.Si., saat berikan keterangan kepada media. (Arief / lintaspapua.com)

‘’Melihat dinamika yang ada, kami bersyukur bahwa keinginan Gokar untuk mengorbitkan salah satu kadernya untuk berkarya dan memimpin Kab Keerom ini bak ‘gayung bersambut’ dengan PDIP, Nasdem dan Garuda, dan saya pikir akan ada beberapa partai lagi menyusul. Hari ini kita semua sepakat bahwa kita akan mengusung anak asli Keerom, ini sejalan dengan garis perjuangan Golkar Kabupaten Keerom yang selalu mengedepankan jatidiri anak Keerom dan kita konsisten mengusung hal ini sejak Pilkada tahun 2005. Kali ini figur ini kita anggap mampu menjadikan Kabuapten Keerom kedepan yang lebih baik dan mampu menjawab aspirasi serta espektasi masyarakat Keerom,’’ungkapnya.

Ketua DPD Partai Nasdem Keerom, Sigit Widodo, AmG, saat wawancara. (Arief / lintaspapua.com)

Ia menambahkan,  bahwa mengusung anak adat Keerom untuk menjadi Bupati keerom bagi mereka adalah wujud penghargaan kepada daerah Keerom dan tanah Papua ini. ‘’Jika ada anak negeri yang baik bahkan terbaik menurut saya maka kenapa tidak. Untuk rasa saling menghargai dan menghormati di antara kita, maka kami Golkar Keerom bersepakat bahwa yang maju Pilkada Keerom tahun 2020 mestinya anak asli Keerom,’’lanjutnya.

Senada dengan itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Keerom, Leonardus Abar, menilai bahwa figur anak asli keerom ini ada didasari dorongan masyarakat serta kondisi kabupaten Keerom yang memang menginginkan perubahan.

Ketua PDIP Kabupaten Keerom, Leonardus Abar, saat diwawacara. (Arief /lintaspapua.com)

‘’Harus ada perubahan di Keerom, harus ada pembangunan di Keerom, dan itu bukan hanya dalam bangunan, tetapi juga pembangunan SDM dan kesehatan, karena ini akan menjadi landasan membangun Keerom yang lebih baik kedepan. Dan itu saya lihat anak adat Keerom ini yang bisa pimpin dan berbuat untuk daerahnya sendiri,’’ujarnya.

Sementara itu,  Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Keerom juga mengemukakan hal serupa. ‘’Saya selaku ketua Partai Garuda bersama partai lain, mau ikut untuk mendukung putera yang terbaik yaitu anak adat keerom, maka partai garuda siap untuk berkoalisi untuk usung anak adat Keerom tersebut. Karena saat ini perlu perubahan maka kita sepakat buat perubahan di Kabupaten Keerom,’’tambahnya.

Senada dengan itu Plt. Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Keerom, Sigit Widodo, AmG, mengemukakan hal yang sama. ‘’Partai Nasdem sebagai partai yang mengusung gerakan restorasi atau gerakan perubahan, sejalan dengan ada itu maka kami lihat sampai hari ini Kabupaten Keerom butuh sosok yang bisa membawa kabupaten Keerom kearah yang lebih baik lagi, dan ini kami lihat ada pada diri anak adat Keerom,’’ujarnya.

Ia juga mengemukakan meski rekomendasi nantinya akan ada dari pusat, namun penurus kabupaten akan memberikan masukan. ‘’Untuk mengedepankan kekhusuan keerom dan menjaga stabilitras yang ada, maka perlu mengedepankan anak adat keerom yang menurut kami ia merupakan putra terbaik yang ada saat ini,’’pungkasnya.

Menyangkut anak adat yang dimaksud, maka mereka secara kompak menyatakan bahwa masyarakat di Keerom pasti telah tahu siapa yang dimaksud. ‘’Untuk nama, meski kami belum sebutkan, namun saya yakin masyarakat Keerom sudah tahu dan paham siapa anak adat tersebut,’’ujarnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here