Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, S.H., melalui Kepala Bidang (Kabid) Bansos pada Dinas Sosial Kabupaten Jayapura Lukas Mokay saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada salah satu korban kebakaran yang disaksikan Kepala Distrik Yapsi, Steven Ohee, S.IP. Insert: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura Alex R. Dusay, SH. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan terhadap korban kebakaran di dua lokasi, yakni di Kampung Adat Bundru, Distrik Yapsi dan di kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Sabtu (18/01/2020).

 

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, SH., kepada wartawan online ini menyebutkan bantuan di berikan kepada 3 kepala keluarga (KK) berupa bahan makanan, alat kelengkapan tidur dan peralatan dapur atau masak.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, SH., saat diwawancara. (Irfan / lintaspapua.com)

“Ada beberapa bantuan yang kita serahkan, ada kebutuhan pokok atau Bama (bahan makanan), perlatan tidur dan juga peralatan masak, untuk 20 jiwa dari 3 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 1 KK itu ada 11 orang, 1 KK itu ada 6 orang dan 1 KK itu ada 2 orang. Kemudian kita bagi Bama, kita juga bawa selimut, tikar dan pelataran dapur,” ucap Alex Dusay, Senin (20/1/2020) kemarin.

“Karena semuanya hangus terbakar, mereka mau tunggu saja dari mana datangnya pertolongan. Sehingga melalui Pemerintah Kabupaten Jayapura lewat Dinas Sosial, satu hari kemudian kami sudah bisa menjawab permasalahan mereka,” tutur pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura saat dikonfirmasi wartawan media online ini di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kendati lokasi kebakaran jauh dari wilayah perkotaan, namun pihaknya sangat mengapresiasi Kepala Distrik (Kadistrik) Yapsi, yang begitu tanggap dengan adanya musibah kebakaran yang terjadi di Kampung Adat Bundru, Distrik Yapsi, dimana langsung menghubungi pihak Dinas Sosial Kabupaten Jayapura.

“Ya, memang kita memberikan apresiasi kepada Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee. Karena begitu kejadian di Yapsi, beberapa jam kemudian kita sudah dapat informasinya. Bahwa ada terjadi kebakaran di Kampung Bundru, Distrik Yapsi,” ujarnya.

“Nah, begitu mendapat info langsung kita lakukan rapat dan empat jam kemudian kami sudah bisa menindaklanjuti laporan dari kepala distrik tersebut. Setelah itu, saya rasa mungkin lebih cepat kita bisa sampai di lokasi kebakaran untuk langsung memberikan bantuan seperti bahan makanan (Bama) dan peralatan tidur serta peralatan masak,” sambung Alex Dusay.

 

Sementara untuk musibah kebakaran yang terjadi di Distrik Depapre, pihaknya juga memberikan bantuan bahan makanan kepada satu (1) kepala keluarga (KK) terdiri dari enam orang yang rumahnya hangus terbakar.

“Karena itu masalah yang sangat serius ya, orang pada saat rumahnya hangus terbakar itukan tidak punya apa-apa lagi. Kecuali dia punya keluarga ada di sekitar situ mungkin bisa dibantu. Tapi kalau tidak ada, siapa lagi yang mau bantu pada saat seperti itu. Contohnya, di Distrik Depapre itu beberapa hari kemudian langsung kita bawa bahan makanan untuk korban kebakaran,” bebernya.

“Mereka juga ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah, karena bisa cepat menjawab mereka punya kesusahan. Kalaupun mereka ada marah dalam hati rumahnya habis terbakar, tapi secara perut kan juga harus diisi. Apalagi kalau ada orang yang datang bawa bantuan, mereka sangat berterimakasih sekali,” tambahnya.

Alex berharap, dengan bantuan tersebut maka beban yang dirasakan oleh korban kebakaran dapat sedikit berkurang, sehingga dengan adanya bantuan tersebut para korban bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami dari pemerintah turut berduka atas musibah yang telah dialami para korban kebakaran, mudah-mudahkan atas apa yang telah terjadi ada hak-hak yang dapat diambil,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura itu dengan nada penuh harap seraya menambahkan bantuan untuk korban kebakaran di Kampung Adat Bundru, Distrik Yapsi ini diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Bansos pada Dinsos Kabupaten Jayapura Lukas Mokay, yang disaksikan langsung oleh Kepala Distrik Yapsi Steven Ohee, S.IP.

Untuk diketahui, peristiwa kebakaran terjadi di Kampung Adat Bundru, Distrik Yapsi, Kamis (16/01/2020) sore lalu.

Api mulai diketahui sekitar Kamis (16/1) sore. Kronologi asal Api dari dapur rumah milik Lahani Masari. Melihat hal tersebut tersebut, saksi Hendrik Masari langsung mendobrak pintu dapur, tetapi api semakin besar. Dikarenakan angin bertiup sangat kencang dan material bangunan yang terbuat dari papan dan daun sagu, sehingga api tidak bisa dipadamkan dan merambat kedua rumah lainnya yang sangat berdekatan.

Apalagi saat terjadinya kebakaran angin bertiup sangat kencang, sehingga sangat cepat merambat ke dua rumah lainnya yang berdekatan, sehingga api sangat cepat dan tidak bisa dipadamkan serta membakar keseluruhan bangunan rumah tersebut. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here