Danlantamal X memimpin langsung pasukan Lantamal X menyusuri jalan dengan total jarak yang ditempuh lebih kurang 116 Km. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Beragam upaya yang dilakukan oleh seorang pemimpin untuk meningkatkan moril anak buahnya. Salah satu contohnya yang dilakukan Komandan Lantamal X (Danlantamal X) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Jayapura, Rabu (15/01/2020).

Prajurit dan PNS Lantamal X beserta keluarga melaksanakan touring bersama menggunakan sepeda motor. Sebanyak 395 orang dengan 264 sepeda motor ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. (ISTIMEWA)
Komandan Lantamal X (Danlantamal X) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika memimpin langsung pasukan Lantamal X menyusuri jalan dengan total jarak yang ditempuh lebih kurang 116 Km. (ISTIMEWA)

Pria lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 35 tahun 1989 ini mengajak prajurit dan PNS Lantamal X beserta keluarga melaksanakan touring bersama menggunakan sepeda motor. Sebanyak 395 orang dengan 264 sepeda motor ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Danlantamal X memimpin langsung pasukan Lantamal X menyusuri jalan dengan total jarak yang ditempuh lebih kurang 116 Km.

Dalam pengarahannya sebelum berangkat, Danlantamal X mengajak peserta touring berdoa meminta keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

”Tujuan kegiatan ini adalah untuk merekatkan dan mengakrabkan seluruh anggota, berekreasi bersama dan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2020.”, ungkap Danlantamal X.

Danlantamal X menambahkan, touring ini juga sebagai program penggalangan kepada seluruh masyarakat yang ada di Papua agar mencintai TNI AL sekaligus mengecek kondisi keamanan sebagian wilayah yang menjadi tanggung jawab Lantamal X.

Menurut Danlantamal X, perjuangan para pahlawan kita, khusunya pahlawan-pahlawan samudera perlu kita teladani.

”Salah satunya bentuk kebersamaan, bentuk kekompakan, ini yang ingin kita bangun, ini yang ingin kita wujudkan di Lantamal X,”  kata  Komandan Lantamal X (Danlantamal X) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, di Jayapura, Rabu (15/01/2020).

Berangkat dari Mako Lantamal X pukul 10.00 WIT, setelah selesai melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera, rombongan Touring Bersama Keluarga Besar Lantamal X bergerak menuju daerah Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Perbatasan RepubIik Indonesia dengan negara Papua New Guenea (PNG), dengan jarak tempuh lebih kurang 64 Km.

”Salah satunya bentuk kebersamaan, bentuk kekompakan, ini yang ingin kita bangun, ini yang ingin kita wujudkan di Lantamal X,”  kata  Komandan Lantamal X (Danlantamal X) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, di Jayapura, Rabu (15/01/2020). Tampak saat foto bersama. (ISTIMEWA)

Dengan senyum yang khas, Danlantamal X didampingi istri tercinta ibu Iin Nurri Andrianis Djatmika tampak ceria menikmati keindahan alam Papua, tak terkecuali seluruh rombongan touring.

Dengan kondisi medan jalan yang bervariasi, antara tanjakan yang menantang dan jalan yang berkelok-kelok tidak menyurutkan semangat para peserta touring.

Melewati kondisi jalan yang tergolong mulus beraspal, disepanjang jalan mata peserta touring disuguhkan keindahan pantai dan hutan khas Papua, tetap saja menguji adrenalin setiap peserta.

Apalagi personel yang membawa turut serta istri dan anaknya, selain kelengkapan keselamatan dalam berkendara, dibutuhkan konsentrasi penuh dan fisik yang prima dalam menjalankan kendaraan.

Tepat pukul 12.00 WIT seluruh rombangan tiba di derah perbatasan RI-PNG. Dengan program pemerintah dalam memajukan pembangunan insfrastruktur di daerah-daerah perbatasan, tampak kemegahan gedung Pos Perbatasan Indonesia, dengan segala fasilitas yang dimilikinya. Terlihat kontras dengan Pos Perbatasan negara tetangga.

Setelah puas menikmati keindahan alam dan kemegahan gedung Pos Perbatasan Indonesia, Danlantamal X dan seluruh rombongan selanjutnya bergerak menuju Pos TNI Angkatan Laut (Posal) yang berada di Kampung Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Dengan jarak tempuh lebih kurang 18 Km.

Di Posal Skouw Sae, Danlantamal X beserta rombongan disambut Komandan Posal Kapten Laut (PM) Sudiro beserta tiga anak buahnya. Disana seluruh rombongan beristirahat melapas lelah.

Tak lupa para peserta berfoto dan berselfi ria dengan keluarga maupun rekan-rekan, mengabadikan moment kebersamaan ini.

Selesai menikmati keindahan pantai Muara Tami, persis di depan Posal Skouw, rombongan Touring Keluarga Besar Lantamal X kembali menuju Mako Lantamal X dengan jarak tempuh lebih kurang 34 Km.

Dengan mengambil route yang berbeda saat berangkat, sesampainya di jembatan Youtefa yang belum Lama ini diresmikan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Danlantamal X mengajak rombongan mengabadikan diri berfoto dengan latar belakang kemegahan jembatan kebanggan rakyat Jayapura, yang masyarakat sering menyebut jembatan Merah.

Rombongan tiba dengan selamat kembali di Mako Lantamal X pukul 15.30 WIT. Turut ikut dalam kegiatan ini para Asisten, para Kasatker, perwira, bintara, tamtama, PNS Lantamal X beserta keluarga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here