JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Diawal tahun 2020, dukungan terhadapProgram Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dilakukannya penandatangananPerjanjian Kerja Sama  dengan Kepala Dinas KesehatanKota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari serta KepalaPuskesmas di wilayah Kota Jayapura, Senin, (13/01/2020).

Sebelum penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan terlebih dahulu sosialisasi pemahamanuntuk memenuhi isi perjanjian. Ada beberapa poin-poinyang harus dipahami dalam perjanjian kerja sama ataudasar hukum atas kemitraan yang akan dilaksanakanpada tahun 2020,” ujar Kepala BPJS Kesehatan CabangJayapura, Djamal Adriansyah.

Djamal menyampaikan bahwa Program JKN-KIS adalahprogram strategis nasional artinya kita semua baik BPJS Kesehatan, maupun stakeholder terkait, termasuk pesertaitu adalah bagian yang menyelenggarakan program ini.

Saya sangat berterima kasih serta mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil evaluasi pelayanankesehatan selama tahun 2019 di Puskesmas di wilayahKota Jayapura. Semua ini kerja keras dari Bapak/IbuKepala Puskesmas serta jajaran dan dukungan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kota Jayapura. Ternyatasebagian besar Puskesmas memberikan pelayanankesehatan sudah cukup baik sesuai dengan regulasi yang berlaku,”ujarnya.

Tidak lupa disampaikan tentang regulasi terbaru yaituPeraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 yang didalamnya memuat penyesuaian iuran Program JaminanKesehatan. Penyesuaian iuran ini adalah komitmen daripemerintah untuk meningkatkan mutu layanan kepadapeserta JKN-KIS.

Dengan adanya penyesuaian iuran kebijakan darimanajemen BPJS Kesehatan terkait dengan penurunankelas tentunya banyak masyarakat yang kita bolehkanturun kelas sampai dengan bulan April 2020 tanpa harusmenunggu 1 tahun menjadi peserta, kecuali Bapak/IbuASN karena ini melekat di golongan.

 “Harapannya FKTP juga ikut menyosialisasikan kepadapeserta, karena Bapak/Ibu nanti yang akan menghadapipeserta langsung, jadi tidak hanya tugas dan tanggungjawab BPJS Kesehatan saja, namun tugas kita bersama,’’ ungkap Djamal

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari menyampaikan kepada KepalaPuskesmas di wilayah Kota Jayapura untuk menjadiperhatian atas apa yang sudah disampaikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dan jajarannya.

Untuk menjadi perhatian kita bersama terkait apa yang sudah disampaikan oleh pihak BPJS Kesehatan sertaJajaranya, PR kita cukup banyak ada beberapa hal terkaitnanti masih atau tidaknya kerja sama tergantung darikejelian dari temanteman, tolong dilengkapi apa yang belum lengkap yang pertama terkait SIO, SIP, STR danpersyaratan lainnya dan setelah pertemuan ini sayaharapkan dapat menyampaikan kembali kepada teman-teman di Puskesmas,” ujarnya.

Diakhir kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepadaPuskesmas dengan rujukan terbaik diantaranyaPuskesmas KotarajaPuskesmas TanjungRia, Puskesmas WaenaPuskesmas SkouwPuskesmasTwanoPuskesmas Yoka dari 13 Puskesmas di Kota Jayapura.

Sekedar informasi, Wilayah Kerja BPJS KesehatanCabang Jayapura meliputi 9 Kabupaten/Kota yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mimika, KabupatenMamberamo Raya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Puncak. (BPJS Kesehatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here