Wawali Pimpin Rapat Penyelesaian Pembangunan Terminal Entrop dan Waena. (Foto Humas)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Untuk membicarakan berbagai hal terkait penyelesaian pembangunan terminal tipe A Entrop dan terminal tipe B Waena, Selasa, 7 Januari 2020, Wakil Walikota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM, memimpin rapat lintas sektoral dan vertikal beberapa instansi terkait, yang dihadiri perwakilan PT Telkom, PLN, Kodam, Polresta, Balai Jalan, Perhubungan, PU, Bapenda dan beberapa pihak terkait lainnya, karena Januari 2020 merupakan batas maksimal waktu penyelesaian pekerjaan dan terminal tipe A Entrop akan segera diresmikan.

Dijelaskan Wakil Walikota, berdasarkan hasil rapat tersebut untuk menuntaskan pekerjaan pembangunan terminal tipe A Entrop, ada 4 persoalan yang harus diselesaikan yaitu, 7 tiang listrik harus dipindahkan dan PLN sudah menyatakan sanggup untuk memindahkan tiang dan memasang kabel under ground yang diperkirakan awal minggu depan sudah selesai. 5 titik tiang telpon harus dipindahkan dan direncanakan akan dikerjakan 11 sampai 17 Januari.

Karena terminal tipe A Entrop adalah terminal Internasional maka distribusi air bersih harus lancar. Dari PDAM sudah menyanggupi untuk menuntaskan penyambungan dan tinggal menunggu surat dari satker balai darat kementerian perhubungan membuat surat permintaan penyambungan.

“Untuk masalah air bersih ini karena di kota Jayapura terbatas air bersih sehingga pengelola terminal diminta untuk memasang tandon air untuk menampung air ketika air mengalir,” ungkapnya.

TERMINAL TIPE A ENTROP KETIKA MASIH DALAM TAHAP AWAL PEKERJAAN PEMBANGUNANNYA. (Foto Humas Setda Kota Jayapura)

Selanjutnya berkaitan dengan sistem drainase untuk mencegah terjadinya banjir didalam terminal menurutnya, telah disepakati PU provinsi ikut terlibat bersama PU kota Jayapura dan juga balai jalan untuk memastikan sirkulasi air drainase secara terpadu bisa dialihkan ke saluran air badan jalan. Sedangkan mengenai adanya beberapa pohon yang harus ditebang atau dipindahkan, PU bekerjasama dengan Balai Perhubungan Darat agar bisa mengganti tanaman diposisi yang telah ditentukan.

“Kalau semua sudah dilakukan sampai dengan batas tanggal 17 Januari, maka pengelola terminal sanggup menuntaskan karena diperkirakan 90 persen sudah selesai, tinggal finishing di bagian dalam dan setelah semua bisa dituntaskan maka kementerian perhubungan dapat segera meresmikan terminal tipe A Entrop,” tegasnya.

Sedangkan berkaitan dengan penyelesaian pembangunan terminal tipe B batas kota di Waena, diperkirakan Maret sudah rampung pekerjaannya sehingga Juni sudah bisa diserahterimakan kepada pemerintah kota.

Pekerjaan penyelesaian terminal tersebut menurutnya, merupakan langkah positif untuk membantu kelancaran pelaksanaan PON XX Oktober mendatang, juga untuk menertibkan PAD lewat retribusi terminal sehingga lebih optimal. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here