"Ini kan membahayakan kepada kesehatan mereka sendiri (pembeli), miras lokal memang luar biasa beredar di Jayawijaya, hampir dimana-mana orang mabuk kerena sangat mudah dijangkau," kata Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos, MM.. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen mengungkapkan, akan fokus dalam melakukan pengamanan terutama melakukan razia pada minuman keras (Miras) lokal.

Menurutnya, miras yang di racik sendiri ini akan membahayakan kesehatan konsumen terlebih akan mengakibatkan timbulnya masalah.

“Ini kan membahayakan kepada kesehatan mereka sendiri (pembeli), miras lokal memang luar biasa beredar di Jayawijaya, hampir dimana-mana orang mabuk kerena sangat mudah dijangkau,” kata Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos, MM., di ruang kerjanya di Wamena,  Jumat, (10/1/2020).

Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos, MM.. (ISTIMEWA /lintaspapua.com)

Kapolres menjelaskan, dengan mudahnya masyarakat mendapatkan miras lokal jenis Cap Tikus dan Ballo sehingga angka kemabukan di kota Wamena cukup tinggi. Ia juga mengungkapkan, hampir dimana-mana baik di rumah maupun tempat tersembunyi minuman tersebut dimasak dan di jual.

“Sehingga angka kemabukan cukup tinggi, dan oleh karenanya akan mengarah pada KDRT, juga penganiayaan di tempat-tempat umum, pengeroyokan serta mengarah pada laka lantas,” ujarnya.

Dikatakan, apabila hal ini tidak diantisipasi akan bisa berdampak pada masalah-masalah yang sifatnya besar seperti rusuh masa dan sebagainya dan aktivitas publik terganggu.

Untuk itu, Mantan Kapolres Mamberamo Raya ini menegaskan, bahwa  Polres Jayawijaya akan menaikan volume kegiatan kepolisian seperti melalukan razia dan patroli berskala besar untuk menekankan kejahatan dan juga angka kemabukan.

“Ya kita fokus dengan menekan kejahatan salah satunya kita tekan angka kemabukan di kota ini,” tutup Kapolres, yang pernah lama bertugas sebagai Kapolsek Abepura ini. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here