Bupati Mathius Awoitauw  Harap Kehadiran KM Foi Moi Tingkatkan Minat Investor di Sektor Pariwisata

0
319
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat meresmikan kapal pesiar Foi Moi dengan cara menggunting pita, di Dermaga Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Rabu (18/12/2019) pagi kemarin lalu. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, secara langsung meresmikan Kapal Wisata Foi Moi, Rabu (18/12/2019) pagi kemarin lalu, di Dermaga Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura ini berharap dengan adanya kapal tersebut bisa meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di Bumi Khenambay Umbay khususnya di sektor pariwisata dan perhotelan.
“Terutama juga kepada masyarakat karena kapal ini nanti akan melewati kampung-kampung. Kita berharap kapal ini bisa singgah di kampung-kampung,” ujar Mathius.

Hal ini disampaikannya kepada wartawan usai meresmikan Kapal Wisata Foi Moi, di Dermaga Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Rabu (18/12/2019) pagi lalu.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw, S.IP, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Patrinus R. N. Sorontou, para Asisten dan sejumlah Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jayapura, serta tokoh adat dan tamu undangan lainnya.

Tak hanya itu, Mathius juga meminta kepada seluruh kampung-kampung yang ada di Kabupaten Jayapura secara khusus di sekitaran Danau Sentani agar bisa ikut serta dalam memajukan dan meramaikan sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura dengan memanfaatkan keunggulan atau potensi sumberdaya yang ada mulai dari tari-tarian adat dan juga kuliner-kuliner khas masyarakat Kabupaten Jayapura.

“Intinya di sini masyarakat harus tersentuh dengan kapal wisata ini. Bukan kapal dia jalan sendiri, dan masyarakat menjadi penonton. Ini tantangan buat OPD dan dunia usaha juga pemerintah Kampung, bagaimana kita memanfaatkan fasilitas untuk bisa kita mendapatkan manfaatnya,” paparnya.

Untuk mendukung beroperasinya kapal ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura akan membuat sebuah regulasi khusus untuk mengoperasikan kapal wisata ini dan itu paling lambat Januari 2020 sudah mulai dioperasikan.

Sementara itu, Mr. Kean selaku Owner PT Royal Advance Fiber menjelaskan, kapal itu memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 5 meter. Sedangkan untuk kapasitas kapal tersebut sekitar 83 penumpang dan kapal itu dilengkapi dengan 4 mesin penggerak.

“Kapal ini didesain oleh Dinas Perhubungan. Jadi, setelah ada kapal ini akan menjadi ikon di Danau Sentani,” imbuh pria yang juga tekhnisi dan pihak produsen kapal tersebut.

Lanjut Kean, kapal ini memiliki daya tampung penumpang sebanyak 83 orang dan memiliki panjang 20 meter dan lebar 5 meter.
“Kapal pesiar yang mewah ini memiliki kecepatan 30 Knot atau setara dengan 60 km/perjam,” tukasnya. (Irf / LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here