Pelantikan 33 Anggota Panwas Distrik untuk Pilkada 2020 yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Keerom, Natalia Yonggom, di Arso Grande Hotel, Keerom, Sabtu (21/12/2019). (Arief / lintaspapua.com)

Bawaslu Keerom Lantik Pandis Untuk Awasi Pilkada 2020

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Ketua Bawaslu Kab Keerom, Natalia Yonggom, SS, memimpin pengambilan sumpah dan janji sebanyak 33 anggota Panitia Pengawas Tingkat Distrik (Pandis) untuk gelaran Pilkada Bupati 2020 di kabupaten Keerom. pengambilan sumpah dan pengukuhan ini dilaksanakan di Arso Grande Hotel, pada Sabtu (21/12/2019) kemarin.

Para pihak terkait, mulai dari Kapolres Keerom, AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, Komisoner Bawaslu Provinsi Papua, Niko Tunjanan, Wadanramil Arso, Lettu Inf. Jufri Alrazid, komisoner bawaslu Keerom, Carmiati dan tamu undangan lainnya, menghadiri pelantikan bagi 33 anggota Pandis tersebut.

Komisioner Bawaslu Prov. Papua, Niko Tunjanan, pada sambutannya mengemukakan harapan agar Pandis mampu mengemban tugas dengan baik serta menjaga integritasnya.

‘’Sebagai Pandis, tugas berat kita adalah mengawal pesta demokrasi di tanah kita sendiri, Keerom. Semoga bapak/ibui Panwas tunjukan profesionlitas dan integritasmu, jangan sampai sebagai penyelenggara justru sebagai pemicu timbulnya konflik. Karena tugas kita adalah sebagai penyaring putra-putri terbaik kita yang akan berkompetisi menjadi pemimpin di tanah kita sendiri,’’pesannya.

Sementara Kapolres Keerom, AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, mengemukakan agar Pandis bersikap obyektif dalam menjalankan tugas-tugasnya. ‘’Sebagai pengawas, selayaknya wasit, harus obyektif, yang melanggar bilang melanggar kalau tidak melanggar jangan bilang melanggar. Sesuai pakta integritas tadi. Kalau pengawas tak obyektif akan ada sanksi, baik sanksi admistarif, denda bahkan sampai pidana yang ini tentunya ranah kepolisian,’’ujarnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Keerom, Natalia Yonggom, SS, mengingatkan bahwa tugas Panwas pada Pilkada kali ini sangat berat. ‘’Karenanya kita sangat ketat dalam pembinaan, saya ingatkan bahwa saat kita tes wawancara Pandis, hendaknya itu jadi acuan, agar pandis untuk bersikap tak memihak calon tertentu, bantu kami untuk melakukan pengawasan di tingkat distrik, misalnya nanti KPU akan melakukan pengawasan DPT sistem Door to door, itu kita juga akan bantu pengawasannya,’’lanjutnya. (arief/lintaspapua.com)

Inilah Daftar Nama Pengawas Distrik untuk Pilkada Bupati/Wabup Keerom Tahun 2020.

Distrik Skanto : Muh. Hanafi, Simon Wopari, Stevanus Payokwa

Distrik Arso Barat : Nikolas Marung, Alfidus Kotin, Hernan Yapen

Distrik Arso : Emanuel Yarsi Burung, Arius Wabiager, Marlina N.I Fatagur,

Distrik Arso Timur : Martina Fatagur, Daud Mula, Elias Ulahaiyanan.

Distrik Mannem : Marijen Bate, Henok Rumpedai, Thomas Sipiel

Distrik Waris : Hendrikus nahak, Antonius Amo, Wilhelmina Mangga.

Distrik Senggi : Wilfridus Toena, Yongki Yuur, Yosep Boele Mella.

Distrik Kaisenar : Harmidon Paintu, Kolombus Rilef, Ottow G Wambrauw.

Distrik Yaffi : Enos tanofo, Alberce Salu, Geradus Kombian.

Distrik Web : Dorteus Wamayuna, Dominikus Don H Omay, Denies A masoka.

Distrik Towe : Pestaria Sitanggang, Stevanus Ani.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here