SIAP SUKSESKAN PON XX 2020 DI PROVINSI PAPUA. SUASANA FOTO BERSAMA USAI PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR OLEH DINAS KESEHATAN PROVINSI PAPUA KEPADA RATUSAN RELAWAN BIDANG KESEHATAN DAN DITERIMA SECARA RESMI OLEH DPD KNPI PAPUA SELAKU PELAKSANA REKRUTMEN RELAWAN PON XX 2020. (LINTASPAPUACOM)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dinas Kesehatan (Dinkes)Provinsi Papua menyerahkan 862 orang tenaga relawan kesehatan yang telah dilatih melalui Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD)  rangka pelaksanaan PON XX 2020 pada Bidang Kesehatan PB PON XX 2020, selama tiga di hari di halaman kantor Dinas Kesehatan di Kotaraja, Sabtu, 14 Desember 2019.

Sebaghaimana mengawali sambutan Ketua Panitia Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bidang Kesehatan PB PON XX 2020, dr. Raja M. N. Sitorus mengatakan, bahwa pendaftaran awal mencapai 950 peserta, namun dalam perjalanan selama tiga hari mengadakan pelatihan ada yang luus dan ada yang tidak lulus.

Termasuk ada peserta yang kami tidak bisa menerima sekitar 300 orang lebih, sehingga yang diterima diberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar secara baik sesuai standar pelayaan kesehatan terbaik dalam melayani untuk suksesnya PON, sehingga ini bukan tercepat, tetapi terkilat, karena antusias ribuan yang mendaftar,” jelas dr. Raja M. N. Sitorus.

 

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Papua, Dr. Donald Willem S Aronggear, Sp.B(K).,  berharap, kepada para peserta untuk tetap menjaga semangat dan tetap fokus dengan materi yang telah diberikan selama pelatihan, karena pertolongan pertama kepada atlet dan lingkungan sekitar akan ditentukan dari relawan yang saat ini ikut pelatihan Bantuan Hidup Dasar.

“Saya ucapkan selamat dan semangat untuk kita bersama sukseskan PON XX 2020, karena standar yang diberikan adalah standar nasional, sehingga harus kita bisa sukseskan PON XX 2020 dalam bidang kesehatan,” ajak Dr. Donald Willem S. Aronggear, Sp.B(K).

Sementara itu, Ketua OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi  Papua, Otniel Deda, Amd.IP., dalam sambutannya Mewakili Ketua DPD KNPI Papua, yang juga Ketua Relawan PON XX 2020, Albertho Gonzalez Wanimbo, S.IP., lebih mengajak kepada ratusan peserta yang berbaris tertib di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk tetap semangat dan menjaga diri dan kesehatan baik untuk sukseskan PON XX 2020.

“Langkah yang diambil oleh dinas kesehatan adalah langkah strategis dalam bidang kesehatan dan tentunya DPD KNPI yang dipercayakan oleh PB PON XX 2020 adalah  Sebagai Tim yang melakukan rekrutmen Relawan PON XX 2020 memberikan apresiasia atas apa yang telah dilakukan dalam bidang kesehatan,” ujar Otniel Deda, Amd.IP.

“Kami akan menerima secara resmi dan kami berikan apresiasi atas semua peserta yang ikut dalam bidang kesehatan.  Atas nama relawan dan atas nama DPD KNPI Papua menyampaikan terimakasih kepada dinas kesehatan yang telah melakukan pelatihan dan akan pastikan kedepan pelatihan – pelatuihan ini juga bisa terlaksana kembali, sekali lagi terimakasih kepada semua yang ikut ambil bagian dalam bidang kesehatan,” kata Bung ODE, panggilan akrabnya.

Semenatara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan, bahwa Bidang kesehatan sudah melampaui , sehingga irama kerja ini wajib hukumnya kita ikuti, disisi lain dengan ratusan yang mengikuti pelatihan BHD akan ada ujian lagi, sebab itu, kedepan tetap akan menjadi fokus untuk lebih dimantapkan.

“Kami dinas kesehatan tidak punya regulasi untuk SK, namun kami serahkan semua kepada DPD KNPI Papua sebagai Ti Rekrutmen Relawan PON XX 2020, namun  dalam bidang kesehatan akan tetap kawal dan berikan pelatihan – pelatihan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan PON XX 2020,” kata Dokter Aloysius Giyai.

“Siapa yang menghargai pemimpin Gubernur Papua, maka harus  siap, kami yang ada diatas tanah kami kami cinta dan kami siap dan menghargai pemimpin kita Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,  sehingga kepada relawan yang sudah lulus untuk tetap konsisten bekerja secara baik untuk Tanah Papua,” tandasnya berpesan.

Sementara itu, dari informasi yang diterima, sejak dibuka pendaftaran Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD)  rangka pelaksanaan PON XX 2020 pada Bidang Kesehatan PB PON XX 2020,  selama tiga di hari di halaman kantor Dinas Kesehatan di Kotaraja, Sabtu, 14 Desember 2019. Tercatat sebanyak  862 orang yang mengikuti kegiatan dan dinyatakan lulus sebanyak 847 orang dan yang tidak lulus sebanyak 19 orang.  (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here