Libatkan Instruktur Berpengalaman, Dinas Koperasi dan UKM Gelar Pelatihan Noken

0
195

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Jayapura melibatkan instruktur berpengalaman dari Kabupaten Mimika untuk terus memperkaya pengetahuan dan keterampilan usaha pengrajin Noken, dengan cara memberikan Pelatihan Usaha Pengrajin Noken kepada pelaku UMKM pengrajin Noken yang ada di daerah setempat, dan acara tersebut di Aula Balai Pertanian Provinsi Papua, Yahim, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (10/12/2019) kemarin pagi.

Pelatihan kali ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10-13 Desember 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura, Drs. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si, mengatakan pelatihan ini digelar dengan melibatkan salah satu instruktur berpengalaman yang berasal dari Kabupaten Mimika.

“Jadi, pelatihan ini bertujuan agar para pengrajin Noken di Kabupaten Jayapura memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang semakin baik dalam menghasilkan Noken,” jelas pria yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura itu dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan tersebut.

Dikatakan Timothius, banyak pelaku UMKM memiliki semangat untuk menghasilkan sebuah kerajinan terutama dalam pembuatan tas Noken. Akan tetapi, pada kenyataannya sering dibatasi oleh kemampuan, keterampilan dan pengetahuan termasuk bahan serta teknologi bahkan keterbatasan permodalan.

“Meski diakui masyarakat sudah mampu menghasilkan dan memproduksi Noken dalam jumlah yang banyak, namun terkadang memang faktanya para pengusaha kecil masih terkendala dengan masalah pasar. ‘Siapa yang akan menjadi pasar kita’, kadang hal ini yang akan menjadi masalah,” imbuhnya.

Dengan demikian, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura mengadakan pelatihan dengan yang melibatkan para pengrajin Noken. Untuk itu, setiap peserta diharapkan tidak terlalu memikirkan kendala yang dihadapi.

Dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura setiap peserta perlu mempunyai prinsip, untuk bagaimana bisa membenahi diri dengan memberikan waktu, pikiran untuk bagaimana menyerap materi pelatihan yang akan dibagikan kepada setiap masyarakat.

Mulai dari proses pembuatan bahan nya kemudian Bagaimana menyiapkan sampai dengan proses penganyaman hingga sampai pada hasil produksi Noken. (Irf / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here