Bunda PAUD Kristhina Mano Ajak Makan Ikan Hindari Stunting Pada Anak

0
240
Bunda PAUD kota Jayapura, Kristhina R. I. L. Mano, S.IP, M.AP,, saat foto bersama anak - anak PAUD. (Fransisca / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Banyak orang tua kurang mengenal apakah stunting itu? stunting adalah kurang gizi kronis, karena asupan makan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Bunda PAUD kota Jayapura, Kristhina R. I. L. Mano, S.IP, M.AP, saat memberikan makanan bergizi kepada seorang anak PAUD. (Franssica / lintaspapua.com)

Untuk menghindari stunting ini, diadakan gerakan edukasi makan ikan mencegah stunting bersama Bunda (pendidikan anak usia dini) PAUD Kota Jayapura, kepada 26 orang murid PAUD Kencana Waripoi Jayapura,Selasa (10/12/2019)

Bunda PAUD kota Jayapura, Kristhina R. I. L. Mano, S.IP, M.AP, mengemukakan pentingnya konsumsi ikan bagi anak-anak usia dini, usai memberikan beberapa suapan makan ikan kepada anak-anak.

“Mengapa harus ikan? Karena di ikan sendiri mengandung begitu banyak protein, sehingga kita berharap dengan memberikan makan ikan Ini akan memberikan tambahan gizi bagi mereka, kepada orang tua dan kita semua, memakan ikan adalah hal yang sangat penting,” ujar  Kristhina R. I. L. Mano, S.IP, M.AP, dalam kegiatan tersebut.

“Untuk kita semua, paling tidak seminggu kita mengkonsumsi ikan, kepada para orang tua, saya juga menitipkan bahwa, berikan gizi kepada anak-anak, karena anak ini adalah generasi emas Papua,kedepan harus lebih baik dari kami yang ada,” kata Ibu Walikota yang kerap di panggil Mama Mano.

Selain memperhatikan asupan gizi pada anak, ketua pengelola PAUD Kencana Waripoi, Dra. Karolina R.S. Wenggi, MH meminta partisipasi orang tua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak.

“Kita ingin membiasakan anak-anak makanan yang sehat, tetapi mudah-mudahan lewat kegiatan bersama dengan ibu terkasih merupakan langkah awal, gebrakan untuk bisa di viralkan lagi, orang tua juga memperhatikan supaya tumbuh kembang anak, kita harus memahami bahwa anak harus bertumbuh mulai tinggi badan dan berat badan sesuai dengan standar yang di tentukan, orang tua berpartisipasi untuk tumbuh kembang anak,”tuturnya.

Kepala Sekolah, PAUD Kencana Waripoi, Lenorce Selaya, S.Pd., saat memberikan sambutannya. (Fransisca /lintaspapua.com)

Kepala Sekolah, PAUD Kencana Waripoi, Lenorce Selaya, S.Pd. mengungkapkan dalam keseharian anak murid sering di bekali makanan mudah di beli atau siap saji, melalui kegiatan ini adalah himbauan bagi orang tua memberikan makan ikan.

“Kita kendalanya orang tua itu tidak membiasakan anak makan ikan, mereka praktis saja, ayam goreng, kadang juga makanan siap saji, sebenarnya tidak apa-apa, orang tuanya sibuk. Lewat kegiatan edukasi makan ikan ini, kita mengajarkan kepada anak dan orang tua khususnya, karena kita punya pendidikan keluarga, orang tua juga bersama-sama untuk mengajak anak makan ikan, tidak takut dengan ikan, ikan membantu pertumbuhan kecerdasan otak anak,” ungkapnya.(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here