Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura telah melaunching sistem informasi berbasis daring untuk pendataan organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Jayapura.

Sistem ini akan memudahkan masyarakat atau pihak-pihak untuk mengidentifikasi serta memperoleh informasi yang diperlukan terkait ormas dan parpol. Sistem ini dibuat dengan aplikasi bernama Dotopoi, sehingga mudah untuk di akses melalui gawai.

Aplikasi Dotopoi yang dapat diakses melalui web atau internet dengan linknya dotopoi.jayapurakab.go.id, selain memberikan kemudahan bagi pengurus partai dan ormas untuk lakukan pembaharuan terhadap anggotanya. Juga memudahkan pihak Kesbangpol dalam mendata semua ormas dan parpol yang terdaftar di Kabupaten Jayapura.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Dra. Delila Giay, M.Si, mengatakan Badan Kesbangpol kabupaten Jayapura selama ini mengalami kendala dalam hal menyiapkan data update terkait Ormas dan Parpol.

“Misalnya parpol banyak sekali kader dan pengurusnya, dia mengaku sudah menjadi salah satu anggota partai. Tapi, statusnya masih ada di partai sebelumnya. Sehingga saat dilakukan pendataan terdapat dua nama pada database, satu nama di dua partai berbeda,” jelas Delila kepada awak media di Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, saat melaunching aplikasi “Dotopoi”, Jumat (6/12/2019) pekan kemarin.

Ia menyampaikan, dengan aplikasi Dotopoi pihak-pihak terkait bisa lakukan update dan lakukan pemberitahuan secara online soal perubahan atau pergantian kepengurusan pada organisasi mereka.

“Kerumitan lain terkait ormas, banyak sekali Ormas-ormas yang sampai saat ini belum lakukan pendataan dalam mengupdate. Karena surat keterangannya sudah mati. Mengingat, kedepannya para ormas wajib mendaftarkan ormasnya langsung ke Mendagri tidak lagi pada Kesbangpol,” paparnya.

“Karena persolan itu, kebetulan saya mengikuti Diklat PIM II dari LAN Makassar bekerja sama dengan Diklat Provinsi Papua, saya angkat masalah ini sebagai proyek perubahan dalam bentuk aplikasi database,” tambahnya.

Aplikasi “Dotopoi” merupakan singkatan Database dari Organisasi Kemasyarakatan dan Partai Politik. Aplikasi Dotopoi juga mengandung pengertian sebagai ucapan selamat atau memberi salam kepada saudara (Sepupu) bagi masyarakat adat yang mendiami pesisir Teluk Tanah Merah, Kabupaten Jayapura.

Doto adalah panggilan diantara saudara sepupu dan kata Poi artinya selamat atau memberi salam atau menyapa. Dalam perkembangannya istilah Doto dan Poi (atau foi, dalam bahasa Sentani) telah di gunakan secara umum dalam pergaulan masyarakat di Kabupaten Jayapura dan sekitanya. Nama aplikasi Dotopoi sengaja di pilih, karena istilah ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Kabupaten Jayapura sehingga akan mudah untuk di ingat. (Irf / LintasPapua.Com))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here