Dinilai Tidak Pro Rakyat Papua, Jhon Gobai minta Gubernur Ganti Kepala Dinas ESDM Papua

0
398
Aktivis yang juga Mantan Anggota DPR Otsus, John Gobai. (Andrew/LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Kritisi Kerja Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Provinsi Papua, Aktivis yang juga Mantan Anggota DPR Otsus, John Gobai berharap agar Gubernur Lukas Enembe mengganti Kursi Kepala Dinas ESDM.Peryataan ini di sampaikan 6/12/2019 usai Pengambilan Formulir pendaftaran DPR Kursi Otsus di Kesbangpol Provinsi Papua.

Ia mengatakan terkait dengan persoalan energi dan sumber daya mineral saya sebagai orang yang selama ini berjuang membela hak-hak masyarakat dalam kaitan dengan pertambangan di provinsi Papua ini saya ingin ada orang baru orang baru yang dia mengerti tentang geologi yang memimpin dinas ini, agar bisa menjembatani kondisi riil yang ada di Papua.

Kita tidak bisa menutupi mata, bahwa orang Papua juga sudah mulai menambang baik itu menambang pasir,menambang batuan, maupun menambang mineral-mineral emas.

Contohnya di Nabire, di Boven digoel di Yahukimo di Keerom di Timika, ini persoalan yang harus dapat diselesaikan dan harus dapat di jawab dengan adanya kebijakan yang didukung oleh regulasi daerah terkait dengan regulasi menurutnya DPR Papua sudah membuat Perda pertambangan rakyat,dan sudah disetujui oleh sidang paripurna.

Sekarang Depdagri sudah mengembalikan kepada Papua setelah mereka melakukan fasilitasi,dan ini butuh orang yang bisa mendorong agar proses finalisasi untuk dibawa balik ke Depdagri setelah itu dilakukan nomor register dan dapat diberikan nomor perda yang ditetapkan dalam lembaran daerah agar sah berlaku di Provinsi Papua.selama ini yang terjadi tidak ada sikap proaktif dari dinas untuk regulasi ini dan untuk kasus ini.

Untuk itu diharapkan agar ada orang baru yang ditunjuk Gubernur papua untuk memimpin Dinas ESDM Provinsi Papua, agar bisa menyelesaikan permasalahan ini,itu untuk kategori tambang rakyat.

Tetapi untuk kategori usaha pertambangan rakyat sesungguhnya orang Papua juga sudah siap, Jhon mengumpamakan di Nabire ada orang Papua juga punya usaha usaha pertambangan Dia memiliki IUP, jadi kedepan yang harus menjadi Perhatian dan harus dilaksanakan bagaimana mendorong orang Papua memiliki izin pertambangan baik izin pertambangan rakyat maupun izin usaha pertambangan untuk itu kita perlu Kepala dinas yang tidak Pro Investor tapi dia Pro orang Papua untuk dapat mengolah potensi-potensi tambang yang ada di seluruh Kabupaten di Papua.

Sekali lagi Mantan Aktivis yang Juga Mantan Anggota DPR Otsus ini mengharapkan, agar ada orang baru yang bisa pimpin dinas ESDM Provinsi Papua.

Hal ini harus menjadi perhatian Gubernur Lukas Enembe, memang saya sadari ketentuan Jabatan itu adalah hak prerogatif Gubernur dan Spesifikasi beserta tim Baperjakat tapi ini harus dipertimbangkan karena tidak ada perubahan selama ini, dimana tidak ada program-program yang Pro rakyat Papua yang dilakukan oleh dinas SDM. Untuk itu harus ada sosok wajah baru yang bisa memperbaiki suasana di dinas tersebut.

Tetapi kalau boleh Gubernur angkat saja anak-anak Papua yang mempunyai Kemampuan dan Golongan pangkatnya memenuhi standar, khususnya daerah yang yang belum Memiliki Jabatan Kepala dinas di Papua. Misalnya anak dari Oksibil, Boven Digoel,Asmat,Mapi,Komoro, Amungme, Intan jaya Karena Provinsi Papua ini rumah milik semua orang Asli Papua,’Harap Jhon Gobai. (Andrew)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here