Bupati Mathius Awoitauw Ajak Masyarakat Pesisir Pantai Utara  Manfaatkan Potensi Bahari

0
252
Bupati dan Ketua PKK Kabupaten Jayapura, saat mengunjungi pameran perajin tangan dalam Pesona Wisata Bahari Tanah Merah, di Pesisir Pantai Amai Kampung Tablasupa. (foto : engel wally)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Bupati Jayapura, Mahius Awoitauw, SE, M.Si.,  mengajak seluruh masyarakat di pesisir pantai utara untuk memanfaatkan potensi Bahari sebaik mungkin, terutama pada tempat-tempat wisata yang dimiliki.

 

Tempat-tempat wisata pantai di pesisir pantai saat ini ada Pantai Amai, Harlem, Tablanusu, Pantai Krimpong dan Pantai Pasir putih, serta ada benda-benda peninggalan perang dunia ke dua yang memang berada dipesisir pantai.

 

“ Pantai dan alam yang masih alami, harus ada kuliner dan juga usaha-usaha kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas tempat ini yang dapat mendukung wisata di pesisir pantai,” ujar Bupati Awoituaw saat ditemui di Sentani. Kamis (5/12/2019).

 

Dalam hal ini, kata Bupati, pemerintah daerah melalui instansi tehnis tetap memberikan dukungan penuh kepada kelompok, komunitas, organisasi yang berada di masing-masing Kampung.

 

“ Dinas kebudayaan dan pariwisata, perindag, pertanian, UMKM dan koperasi,  pemberdayaan perempuan, adalah instansi tehnis yang langsung berhubungan dengan hal semacam ini,” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua Kelompok Perajin Tangan Sion Permai di Kampung Tablasupa, Mathilda Nerokepouu mengatakan, bahan kerajinan tangan yang dibuat kelompoknya ini menggunakan bahan dasar dari laut. Seperti kalung, manik-manik, gelang, topi hiasan, miniatur perahu dan tas tangan serta kerajinan tangan lainnya.

 

“ Bahannya dari berbagai jenis kerang laut yang sudah mati, ada juga dari kulit kayu, pasir laut, serta puing-puing terubuh karang yang hanyut di pinggir pantai,” pungkasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here