Suasana Rapat Kepanitiaam Relawan yang dipimpin Ketua DPD KNPI Papua, Albertho G. Wanimbo dan Ketua OKK, Otniel Deda serta Bendahara, Sehan, dalam suasana santai, usai seharian menerima ribuan pelamar yang mendaftar diri di aula LPTQ Kotaraja Dalam. (Dhoto Eveerth /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sesuai dengan kesepakatan dari Panitia Relawan PON XX 2020 yang ditangani DPD KNPI Papua disepakati hari ini, Selasa, 3 Desember 2019 menjadi hari terakhir.

Hal ini disampaikan Ketua OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) KNPI Papua, Otniel Deda, saat dijumpai di halaman kantor LPTQ Kotaraja, 2 Desember 2019, sekaligus menjelaskan,  bahwa untuk tahapan gelombang pertama kita sudah berjalan hingga Rabu, 3 Desember 2019.

 

“Jadi setelah pengembalian formulir, kita rapikan data,  lalu kita lanjutakn rapat koordinasi dengan PB PON XX 2020, Disorda Papua dan KONI Papua, dan selanjutnya kita akan melihat kebutuhan kedepannya lagi,” ujar Otniel Deda.

Dijelaskan, Panitia telah bekerja beberapa hari, hingga 3 Desember hari terakhir, selanjutnya istirahat dan akan dilanjutkan dengan pengembalian berkas pada tanggal 6 – 7 Desember di Aula LPTQ Kotaraja Dalam.

 

 

Pihaknya mengimbau,  kepada relawan, volunteer dan LO setelah pengembalian berkas, agar  dapat jaga kesehatan, kalau boleh mulai sekarang harus jogging, sebab kita akan hadapi atlet, yang mana kita juga harus tampil sehat.

 

Sementara itu, DPD KNPI Papua, Albertho G. Wanimbo S. IP.,  mengatakan, DPD KNPI siap melaksanakan rekrutmen dan sosialisasi relawan PON XX 2020 pada tiga klaster penyelengaaran PON yakni Kabupaten dan kota Jayapura, Mimika dan Merauke.

 

“Khusus di bidang kesehatan, kita butuhkan fisik, kita juga akan bangun komunikasi dean Poltekes, Kedokteran Uncen dan pihak universitas lainnya di Kota Jayapura, agar dapat bekerjasama karena kita membutuhkan beberapa kecakapan intelektual yang menunjang kerja relawan, apalagi dari sisi intelektual dan berwawasan luas, sehingga mampu menerjemahkan  dai sisi komunikasi kerapian dalam melayani para tamu dan atlet,” jelasnya.

 

Untuk rekan – rekan dari daerah yang menghubungi panitia, namun belum bisa memastikan karena semua akan dikoordinasi terkait dengan kesiapan selanjutnya.

Panitia Relawan hingga kini masih membuka pendaftaran di Aula  LPTQ  Kotaraja Dalam, Kota Jayapura, yang mana pendaftaran hari ini merupakan pendaftaran terakhir.

 

Terkait penerimaan ini,  sebelumnya Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH.,   melalui Staf ahli Gubernur Prov. Papua bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ani Rumbiak menyampaikan, Dalam rangka mendorong pemuda dalam mengawal dan melaksanakan pembangunan Nasional, salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan PON XX tahun 2020 di Papua.

“Mengingat peran penting pemuda untuk mensukseskan PON XX tahun 2020, DPD KNPI Papua diberikan kepercayaan untuk bertanggung jawab penuh dalam merekrut relawan PON XX tahun 2020,” katanya.

Kepercayaan ini juga diberikan oleh pemerintah bagi organisasi pemuda di bawah kepemimpinan ketua DPD KNPI Papua.

Dirinya menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan Nasional yang dilaksanakan setiap 4 tahun, selain itu PON juga untuk mendorong kemampuan pemuda khususnya di bidang olahraga sebagai atlet untuk bertanding secara profesional mewakili masing-masing provinsi di Indonesia di berbagai event olahraga yang ditetapkan.

“Kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemprov Papua kepada DPD KNPI Papua untuk bertanggung jawab menggalang, merekrut relawan PON XX tahun 2020 merupakan kebanggaan besar bagi pemuda di Papua khususnya dan di tingkat Nasional dalam bingkai NKRI,” tandasnya.  (Dhoto Eveerth /LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here