Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menyebutkan, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura selaku tuan rumah dalam penyelenggaraannya akan lebih mengutamakan berbasis pariwisata. (Irfan/ LPC)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menyebutkan, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura selaku tuan rumah dalam penyelenggaraannya akan lebih mengutamakan berbasis pariwisata.

Untuk mewujudkan hal itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura terus memetakan spot-spot pariwisata termasuk melengkapi sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung tempat destinasi kunjungan wisata.

“PON XX itu nanti berbasis pariwisata. Kebetulan stadion utama yang dibangun itu berada di pinggir danau dan itu tidak jauh dari destinasi wisata Kalkote,” kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., kepada wartawan di Pantai Amay, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Sabtu (30/11/2019) pekan kemarin.

Karena itu, kata Mathius, Kabupaten Jayapura sangat berkeinginan agar pembukaan PON di Papua nanti dalam suasana pariwisata. Sehubungan dengan itu, pemerintah daerah juga mulai menyiapkan paket-paket tour selama dua minggu saat pelaksanaan PON tersebut.

“Jadi kalau ada keluarga atau orang-orang yang datang mereka bisa mengunjungi daerah pariwisata di Kabupaten Jayapura. Jadi, mereka datang tidak saja berolahraga di Papua. Tapi, dia pergi melihat Papua secara utuh,” ungkapnya.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu, setiap orang yang datang ke Papua harus mengetahui informasi yang utuh tentang Papua. Mulai dari kebiasaan, budaya dan adat istiadat masyarakat setempat, termasuk tempat-tempat wisata dengan keunggulannya masing-masing. Mengingat citra Papua oleh sebagian masyarakat masih menganggap Papua sebagai daerah konflik.

Karena itu, di kesempatan PON itu nanti, perlu disiapkan dan sajikan informasi informasi yang menarik bahwa yang sebenarnya di Papua itu tidak seburuk yang di pikirkan. Sehubungan dengan itu pemerintah sudah menyiapkan beberapa destinasi wisata yang menarik salah satunya destinasi diving yang baru saja diresmikan oleh Bupati Matius, Sabtu (30/11/2019) di Pantai Amay, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.
Terkait lokasi Diving itu, Bupati Mathius mengaku sudah berdiskusi dengan para instruktur diving mengenai lokasi lokasi yang mempunyai keindahan bawah lautnya yang bagus supaya segera diperakan. Selanjutnya pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas.

“Setelah dilakukan pemetaan pesisir mulai dari Ormo sampai dengan Demta, mulai dari keindahannya, lokasi dan potensi alam lainnya di laut kita petakan, jadi orang bisa datang, dia sudah punya agenda itu. Bukan hanya datang berolahraga. Tapi mereka bisa kepesisir tapi bisa juga kehutan melihat cenderawasih,” tuturnya.

Tentunya pekerjaan besar ini sangat membutuhkan kerja sama semua pihak terutama OPD terkait. Mulai dari PU bagaiamana menyiapkan jalanya dan infrastrukturnya, UMKM bagaimana menyiapkan masyarakat lokal sehubungan dengan oleh oleh khas dan juga kuliner lokal, dinas pariwisata dan juga beberapa OPD lainnya. Sehingga apa yang dicita citakan pemerintah daerah.

“Ini tentunya hanya ingin memberdayakan ekonomi masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi alam yang ada,” tutupnya. (Irf / LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here