Suasana kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bidang Pendapatan Tahun 2019 yang digelar Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Keerom, kemarin.  (Arief /LPC)

Rakerda Bidang Pendapatan di Keerom Diikuti SKPD dan Kampung

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sekda Keerom, Drs. Blasius WaluyoSejati, MM, mengemukakan ajakannya kepada semua pihak terkait untuk membantu pemerintah daerah, dalam hal upaya untuk peningkatan pajak. Karena menurutnya, pajak asli daerah atau (PAD) berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan penyelenggaraan pembangunan.

Suasana kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bidang Pendapatan Tahun 2019 yang digelar Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Keerom, kemarin.  (Arief /LPC)

‘’Saya mengajak semua pihak terkait untuk terus berupaya meningkatkan PAD khususnya yang bersumber dari Pajak dan retribusi daerah,’’ungkap Sekda Keerom saat membacakan sambutan tertulis dari Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, saat membuka kegiatan

Sekda menambahkan bahwa Rakerda adalah salah satu bentuk kegiatan evaluasi yang dilakukan Pemkab khususnya melalui Bapenda untuk mengukur sejauh mana program yang ada dilaksanakan dan juga dievaluasi bagaimana pelaksanaannya.

‘’Dari hasil evaluasi yang dilakukan ternyata untuk tahun ini dari target PAD yang direncanakan yaitu sebesar Rp.19 miliar telah tercapai sekitar Rp.15 milliar lebih. Hal ini menunjukan konsekuensi kita bahwa Pemkab terus menggali potensi PAD tanpa meninggalkan aturan atau kesampingakan hal hal yang sifatnya dan bisa dipertanggungajwabkan di kemudian hari,’’ungkapnya.

Sekda Keerom, Drs. Blasius WaluyoSejati, MM, mengemukakan ajakannya kepada semua pihak terkait untuk membantu pemerintah daerah. (Arief /LPC)

Sementara itu Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Keerom, Yunus Ruminin, SE, mengemukakan bahwa tujuan kegiatan Rakerda bidang pendapatan adalah sebagai wahana konsolidasi dan kaji ulang berbagai kebijakan yang telah dilakukan.

‘’Dengan hal tersebut, tentunya dapat dirumuskan suatu keluaran berupa kerangka kebijakan untuk peningkatan penerimaan PAD Keerom serta menyusun langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja instansi –instansi pengelola pendapatan asli daerah sesuai tupoksi masing-masing,’’ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia kegiatan, Valentina Ibe, mengemukakan bahwa kegiatan Rakerda dilaksanakan selama 1 hari dengan mengundang peserta yang berasal dari SKPD teknis terkait serta pihak aparatur kampung.

Kegiatan pembukaan Rakerda itu sendiri dibuka oleh Sekda Keerom. Selain itu hadir juga pada kegiatan tersebut, Asisten I Setda Keerom, Sucahyo Agung, staf ahli bupati bidang ekonomi, Rudi Gedi. Sementara peserta terdiri dari pimpinan SKPD dan para kepala kampung. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here