Suasana pelayanan administrasi kependudukan bagi warga Kampung Enggros dan Kampung Tobati. (Gracio /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Setelah melaksanakan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) untuk Orang Asli Papua (OAP) Port Numbay di Kampung Nafri dan Yoka, kali ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kota Jayapura melakukan hal serupa di Kampung Enggros dan Tobati.

Jika sebelumnya Program GISA untuk OAP Port Numbay di laksanakam di Kampung namun tidak berlaku untuk Kampung Enggros dan Tobati. Dispendukcapil kota Jayapura memilih kawasan wisata pantai Cibery untuk melayani masyarakat OAP yang ada di dua Kampung tersebut.

“Alasan kami memilih tempat ini untuk sekaligus masyarakat berekreasi, dan hadirnya putra Port Numbay yaitu Wali kota Jayapura yang hadir di sini diharapkan menjadi motivasi bagi warga untuk datang,” kata Kepala Dispendukcapil kota Jayapura, Merlan Uloli di sela-sela kegiatan, Sabtu, (30/11/2019).

Dijelaskan kegiatan yang ke-empat ini dilaksanakan di Cibery untuk melayani 70 Kepala Keluarga (KK) pada Kampung Tobati dan 130 KK untuk Kampung Enggros. “Mereka ini yang sesuai dengan data Base belum memiliki kelengkapan dokumen, sehingga kami undang ke sini,” ujarnya.

Dikatakan untuk tahun ini kata Merlan, Dispendukcapil menargetkan sebanyak 600 orang OAP Port Numbay yang terlayani dokumentasi kependudukan.

Dikatakan Merlan, program GISA akan dilaksanakan minggu depan di Kampung Kayu Batu dan Kayu Pulo. “Jadi untuk semua dokumentasi kependudukan baik Kartu keluarga, KTP, Akte kelahiran, Kartu Identitas Anak ( KIA) semua akan di layani, pelayanan ini gratis dan langsung jadi di tempat,” ujar Merlan

Sementara Walikota Jayapura, Dr Dr. Benhur Tomi Mano MM., mengatakan melalui program GISA sudah ada beberapa kampung yang di jalankan yaitu kampung Enggros, Tobati, Nafri, dan Kampung Yoka dan minggu depan kampung kayu batu dan kayu pulau.

“Pelayanan gratis pada program GISA ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti data OAP port numbay sehingga dana ini akan lakukan di masing-masing Distrik, Kelurahan, Kampung untuk membuat program yang menyentuh langsung dengan masyarakat port numbay,” katanya.

“Intinya kita mau mendekatkan diri kepada orang Papua asli Port Numbay dan bahagiakan mereka,” pungkasnya. Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here