Beragam kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian HAS tahun 2019 tingkat Kabupaten Keerom yang digelar selama dua hari sejak Sabtu (30/11/2019). (Arief /LPC)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Ratusan warga masyarakat dari unsur TNI/Polri, umum dan pelajar, mengikuti kegiatan jalan santai dalam rangka Hari AIDS Sedunia (HAS) 2019. Kegiatan tersebut mengambil rute hampir 5 km dengan start di rumah singgah ODHA, di halaman Gereja Dekanat Keerom dan finish di lokasi pasar Yuwanain, Arso II.

Piter Gusbager : Tema HAS ‘Bersama Masyarakat Meraih Sukses’ Kampanye 3.0 (Three Zero). (Arief /LPC)

Ratusan jiwa dari berbagai kalangan pekerjaan dan umur turut serta mengambil bagian dalam HAS kali ini. Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager SHut, MUP, Kapolres Keeerom AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, serta Dandim 1701, Letkol Inf. J. Simatupang, melakukan angkat bendera bersama menandai start kegiatan jalan santai.

Setibanya di finish, Halaman Pasar Arso II, rombongan kemudian disuguhi lomba tarian Aster yang diikuti sebanyak 16 peserta. Selain itu juga ratusan pelajar dari SLTP, SLTA dan SD serta PUD mengikuti lomba mewarnai dan menggambar.

Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Keerom, yang juga ketua panitia HAS 2019, Piter Gusbager SHut, MUP, kepada media, menjelaskan bahwa kegiatan hari ini (30/11) adalah rangkaian kegiatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, karenanya pada tanggal 1 Desember (hari ini, red) juga dilakukan kegiatan HAS 2019 berupa kunjungan kasih ke Kampung Skofro, Distrik Arso Timur.

‘’Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada HAS 2019 kali ini melibatkan kalangan masyarakat luas, unsur TNI/Polri, ASN dan pelajar. Ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk kampaye HAS 2019 yang dikenal 3.0 (baca, – three zero), yaitu menanggulangi HIV/AIDS, mengurangi penyebaran HIV/AIDS dan mengurangi orang mati karena HIV/AIDS,’’ungkapnya.

Wabup yang juga putra asli Keerom ini juga mengemukakan bahwa pemerintah Keerom sesuai komitmen yang telah diratifikasi Menkes seluruh dunia di tahun 1998 sehingga diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, untuk tahun ini mengambil tema ‘community makes the different’,  atau ‘Bersama masyarakat meraih sukses.’

‘’Ini berarti untuk menyukseskan program ini maka semua pihak harus terlibat, jadi sangat penting untuk melibatkan masyarakat dan semua pihak untuk ikut berkomitmen dalam kampanye HAS 2019 yaitu 3.0 tersebut. Di tahun 2020 kita akan berkoordinasi Pemerintah Kampung sebagai pemerintahan terkecil untuk ikut berkomitmen melakukan sosialisasi, jika semua terlibat maka target 3.0 akan mudah terwujud,’’lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, pada kesempatan berikutnya, menyampaikan bahwa penyebaran luasan informasi tentang HIOV AIDS kepada masyarakat akan memudahkan kampanye 3.0 pada HAS 2019.

‘’Pintu masuk kepada HIV AIDS salah satunya adalah Narkoba, maka ini hendaknya menjadi perhatian kita. Maka informasi yang meluas kepada seluruh lapisan masyarakat akan memudahkan upaya-upaya untuk memerangi penyebaran HIV/AIDS tersebut,’’pesannya.

Di penghujung kegiatan, panitia HAS 2019 yang melibatkan sekretaris dan secretariat KPA Keerom serta unsur gabungan TNI/Polri dan masyarakat memberikan hadiah-hadiah kepada para juara. Pemberian hadiah dilakukan secara bergiliran oleh Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Sekda, Asisten I, Kepala Kampung, serta para Dansatgas Pamtas RI-PNG yang bertugas di Keerom. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here