APBD 2020 Kabupaten Jayapura Resmi Ditetapkan Rp 1,4 Triliun

0
742
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo menyerahkan dokumen persetujuan bersama terhadap Raperda APBD 2020 Kepada Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro yang disaksikan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura H. Muhammad Amin dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Patrinus R. N. Sorontou, Rabu (27/11/2019) malam. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA)) – Setelah melalui proses pembahasan antara Tim Anggaran Pemkab Jayapura dengan jajaran DPRD Kabupaten Jayapura, akhirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2020, resmi ditetapkan dan disetujui bersama antara legislatif dan eksekutif.

Penetapan ini dilakukan melalui sidang paripurna V masa sidang III tahun 2019 yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo Marwan dan dihadiri oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP, para Asisten Setda Kabupaten Jayapura, Pimpinan OPD serta tamu undangan lainnya, Rabu (27/11/2019) kemarin malam.

Suasana rapat paripurna IV masa sidang III tahun 2019 tentang pandangan akhir fraksi terhadap Raperda APBD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2020, di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Rabu (27/11/2019) kemarin sore. (Irfan /LPC)

Dengan ditetapkannya Raperda APBD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah (Perda) ini, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro mewakili Bupati Jayapura menyampaikan bahwa pihak Eksekutif akan menindaklanjuti dengan menetapkannya menjadi Peraturan Bupati (Perbup) Jayapura dan diumumkan dalam Lembaran Daerah Tahun Anggaran 2020.

“Saya ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dalam melaksanakan keputusan Dewan tersebut. Kami pihak eksekutif akan memperhatikan hal-hal yang menjadi kesepakatan dan komitmen pada saat tahapan-tahapan pembahasan materi sidang APBD 2020 ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Giri menyampaikan meski terasa singkat, sesungguhnya persidangan yang membahas penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu adalah kesepakatan bersama antara Bupati Jayapura dengan pimpinan dan anggota Dewan tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) baik Induk.

Tahun Anggaran 2020 masih melaksanakan pekerjaan kontrak jamak dalam rangka iven PON XX Tahun 2020 yaitu, Renovasi Gor Toware, Stadion Bas Youwe dan penerangan lampu jalan. Serta kegiatan lain diantaranya penataan Kota Sentani, pembebasan lahan, penguatan pangan dan pembenahan kawasan Bandara Sentani. Kegiatan tersebut merupakan satu kesatuan yang bermuara pada satu tema pembangunan di Tahun 2020.

“Kita patut bersyukur bahwa mekanisme persidangan yang dibangun oleh rekan-rekan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura Sangat Harmonis. Kita semua berharap bahwa sesulit dan seberat apapun masalah, yang semuanya bermuara pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, Kabupaten Jayapura haruslah dapat dibicarakan secara bijaksana dan dalam suasana permufakatan seperti suasana semacam ini,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, S.IP, yang secara langsung memimpin penutupan sidang dalam pidatonya menyampaikan dengan melihat masa pembahasan dalam persidangan yang sangat singkat, namun bukan berarti asas legalitas yang dikehendaki oleh ketentuan Undang-Undang itu diabaikan begitu saja.

“Karena sebelum pembukaan sidang RAPBD 2020 sudah didahului dengan pembahasan tahap sebelumnya melalui KUA-PPAS, yang merupakan pembahasan awal sebelum membahas RAPBD 2020,” paparnya.

Lanjut pria yang akrab disapa Klemens ini dalam pidatonya mengatakan meskipun ada hal-hal yang disampaikan dalam materi sidang belum sesuai dengan pemikiran Dewan. Hal ini sesungguhnya merupakan refleksi dari tanggung jawab moral anggota Dewan yang bertekad memperjuangkan kepentingan rakyat Kabupaten Jayapura.

Untuk diketahui, bahwa dari hasil pembahasan antara DPRD dengan tim anggaran Pemerintah Kabupaten Jayapura terhadap Raperda APBD yang telah ditetapkan bersama, untuk pendapatan nilainya sebesar Rp 1.370.587.121.549. Lalu untuk belanja daerah sebesar Rp 1.425.470.471.188. (Irf /LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here