Theo Hesegem, Direktur Eksekutiv Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia Papua (pemerhati HAM). Richard Mayor (LPC)
Theo Hesegem, Direktur Eksekutiv Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia Papua (pemerhati HAM). Richard Mayor (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Theo Hesegem, Direktur Eksekutif Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia Papua (pemerhati HAM) mengatakan dengan hadirnya Pansus Papua DPD RI, yang fokus soal penyelesaian pelangaran HAM masa lalu di Papua, dirinya beroptimis Pansus DPD RI bisa menjadi jembatan penghubung kepada Pemerintah Pusat untuk penyelesaian pelangaran HAM di Papua.

“Ya saya sebagai pemerhati HAM di Papua beroptimis dengan adanya Pansus Papua DPD RI, yang mana meraka fokus soal penyelesaian pelangaran HAM masa lalu di Papua, dan sebagai jembatan kepada Pemerintah Pusat untuk penyelesaian pelangaran HAM di Papua,” kata Theo Hesegem.

Theo pun memesan Pansus Papua DPD RI yang fokus ke penyelesaian HAM bisa berjalan dan memberikan rasa yang menyetuh hati orang Papua, dan jangan hanya menjadi gula-gula yang ditawarkan ke masyarakat Papua, tetapi ini soal harga diri orang Papua, yang diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan, yang ditempatkan di Papua.

“Pansus Papua DPD RI bisa memberikan rasa yang menyetuh hati orang Papua, dan jangan hanya menjadi gula-gula yang ditawarkan ke masyarakat Papua soal peyelesaian HAM, tetapi ini soal harga diri orang Papua, yang diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan, yang ditempatkan di Papua,” kata Theo.

Theo pun bercerita, kepada Lintas Papua.Com, Rabu (27/11/2019), bahwa ia pernah dilibatkan dalam sebuah tim peyelesaian pelangaran HAM Papua, yang dibentuk oleh MENKOPOLHUKAM RI soal penyelesaian pelangaran HAM di Papua, namun ia keluar dari tim itu, karena sangat mengecewakan hati orang Papua, utamanya keluarga korban, karena tidak berjalan, dan sangat diskriminatif.

“Sampai hari ini, saya pun bertanya apakah tim bentukan mantan MENKOPOLHUKAM RI, Wiranto soal penyelesaian HAM di Papua masih berjalan atau tidak,” Jelas Theo.

Sehingga Theo pun berharap tim Pansus Papua DPD RI yang fokus soal penyelesaian HAM di Papua, jangan seperti tim penyelesaian HAM Papua yang dibentuk mantan MENKOPOLHUKAM RI, Wiranto, yang tidak ada buktinya.Ujarnya. (Richard Mayor/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here