Guna melancarkan kegiatan pilkada pada tahun 2020 di Kabupaten Boven Digoel, KPU bersinergi dengan instansi terkait menggelar "Coffe Morning" KPU, Bawaslu, Forkopimda dan LMA serta tokoh Agama dan tokoh masyarakat. (ISTIMEWA)

MANDOBO (LINTAS PAPUA)  – Guna melancarkan kegiatan pilkada pada tahun 2020 di Kabupaten Boven Digoel, KPU bersinergi dengan instansi terkait menggelar “Coffe Morning” KPU, Bawaslu, Forkopimda dan LMA serta tokoh Agama dan tokoh masyarakat dalam rangka tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020. Bertempat di warung makan 22, Kampung Persatuan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel. Pada Jum’at (22/11/2019).

Dalam sambutannya Ketua KPU mengatakan, perlu bapak ibu ketahui bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kab. Boven Digoel akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

Untuk mensukseskan Pilkada Tahun 2020, kami mengajak semua pihak dalam hal ini Pemerintah Daerah, TNI-Polri, dan para tokoh-tokoh masyarakat untuk membantu menjaga jalannya pesta demokrasi dan juga memberikan informasi maupun pemahaman yang baik kepada masyarakat, agar mereka tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoax yang nantinya bisa memecah belah masyarakat kita,” Ungkapnya.

“Kami juga menghimbau kepada partai-partai politik pengusung calon, bakal calon dan tim suksesnya, untuk memberikan pemahaman dan juga memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dengan baik,” Imbuhnya.

Perlu saya sampaikan juga pada kesempatan ini, bahwa sampai sekarang PKPU pencalonan terbaru masih berada di komisi II DPR RI, yang salah satunya terkait dengan apakah mantan terpidana korupsi masih bisa atau tidak untuk mencalonkan diri kembali. Jadi sampai sekarang siapapun mempunyai hak untuk mendaftarkan diri di KPU. Baik melalui jalur perseorangan ataupun jalur partai politik. Sampai dengan adanya penetapan PKPU terbaru terkait dengan hal itu, baru kami (KPU) akan mengeluarkan statement atau memberikan informasi kepada masyarakat dan semua pihak terkait dengan hal tersebut,”Terangnya.

Menyikapi permintaan dari Ketua KPU Kabupeten Boven Digoel, Dandim 1711/Boven Digoel Letkol Inf Candra Kurniawan, SE, mengatakan bahwa Kodim 1711/BVD akan selalu mendukung secara penuh tahapan Pilkada ini.

“Mengenai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Boven Digoel, kami dari pihak keamanan yakni TNI-Polri akan selalu siap membantu untuk mensukseskan pilkada tahun 2020, “Kata Dandim menanggapi permintaan Ketua KPU.

Selanjutnya Dandim juga memberikan saran bahwa dilihat dari letak geografi, demografi dan kondisi sosial yang ada di wilayah Boven Digoel ini., setiap langkah-langkah yang sudah kita lakukan nantinya kita harus mengevaluasinya. Salah satu contoh apabila kita menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Apakah kegiatan tersebut optimal kita lakukan, jika dirasa kurang optimal maka kita harus segera mengambil langkah lainnya.

“Kita semua mempunyai mimpi dan harapan yang sama, bahwa Pilkada ini nantinya sukses dan aman. Maka dari itu kita harus bergandengan tangan untuk mensosialisasikan dan memberikan informasi yang baik kepada masyarakat, agar mereka tidak mudah terprovokasi oleh oknum ataupun pihak-pihak yang mempunyai kepentingan didalamnya.” Pungkas Dandim.

Turut hadir dalam Coffe Morning pada pagi ini Dandim 1711/BVD Letkol Inf Candra Kurniawan, SE, Kapolres Kabupeten Boven Digoel AKBP Samsyul Rijal, S. IK, Ketua KPU Kabupaten Boven Digoel Hilda Richarda A, Ketua Bawaslu Kabupaten Boven Digoel, Ketua DPRD sementara Bapak Ishak, Kakesbangpol Bapak Marthin dan para tamu undangan. (Otentikasi :
Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si., (Kapendam XVII/Cenderawasih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here