Praktisi Kesehatan Papua, Raymond May, SKM,. Gracio (LPC)
Praktisi Kesehatan Papua, Raymond May, SKM,. Gracio (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Melihat proses seleksi jabatan Kepala Dinas Provinsi Papua yang akan berganti, salah satu praktisi kesehatan Papua Raymond May, SKM., meminta siapapun yang nantinya menduduki jabatan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua haruslah Orang Asli Papua (OAP).

Hal ini dikatakan Raymond, saat ditemui di Jayapura, Jumat, (22/11/2019), ia mengungkapkan saat ini ada salah satu dokter spesialis kandungan yang notabene merupakan Sekretaris Dinas Kesehatan Papua, yang akan maju menjadi Kepala Dinas Kesehatan Papua.

“Pastinya konsentrasi untuk pelayanan kesehatan di Provinsi Papua tidak akan efektif, di mana yang bersangkutan selama jam kantor sering berada di luar kantor melakukan tugas rutin sebagai seorang dokter spesialis,”terang Raymond.

“Dokter spesialis harusnya bertugas di rumah sakit melayani pasien,”katanya lagi.

Dirinya menyarankan agar pemerintah memberikan kesempatan dan ruang bagi anak-anak Papua dalam melakukan pelayanan kesehatan.

“Dari sekian banyak ada anak-anak Papua yang ingin maju harus diberikan kesempatan dan ruang kepada mereka,” ujarnya.

Karena menurutnya, jika dilihat dari aspek budaya, antropologi maka harus diberikan kepercayaan dan kewenangan bagi anak Papua sehingga mereka akan melakukan pelayanan kesehatan di kabupaten maupun kota.

“Karena dalam hal penanganan kesehatan ini harus orang yang punya hati, yang bisa turun ke kampung-kampung di setiap Distrik, dan hanya orang Papua saja karena pendekatan budaya ,” ujarnya.

Sehingga Ia meminta, agar beliau harus menahan diri dan legowo memberikan kesempatan kepada beberapa anak Papua yang layak mempunyai pangkat dan golongan yang layak untuk bisa melanjutkan tongkat estafet sebagai Kepala Dinas Kesehatan Papua, kalau nantinya dalam waktu dekat ada terjadi pergantian Kepala Dinas Papua.

“Itu harapan yang kami yang sampaikan mewakili masyarakat di 28 kabupaten dan satu kota,”tandasnya. (Gracio/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here