Asisten II Setda kota Jayapura, bidang perekonomian dan pembangunan Drs. M. Nurjainudin Konu, M. Kp saat membuka kegiatan. (Gracio /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) melaksanakan Bursa Inovasi Kampung kota Jayapura di kawasan wisata Pantai Ciberi, Kamis, (21/11/2019).

Kegiatan ini melibatkan Kepala Kampung, sekertaris dari 14 kampung di kota Jayapura, badan musyawarah kampung, badan usaha dan perwakilan tokoh perempuan.

Asisten II Setda kota Jayapura, bidang perekonomian dan pembangunan Drs. M. Nurjainudin Konu, M. Kp.,saat menyampaikan sambutan Wali kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano MM., mengatakan, selama kepemimpinan wali kota Jayapura periode kedua ini, arah pembangunan kota Jayapura lima tahun kedepan telah di tuangkan dalam RPMJD kota tahun 2018 didalamnya terdapat 8 poin misi yang satunya adalah meningkatkan kepemeritahan yang baik dengan dukungan kapasitas birokrasi yang profesional.

Wali kota sebagaimana dikatakan Konu, Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan inovasi birokrasi dalam pelayanan publik baik itu gagasan, ide kreatif dan adaptasi modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) melaksanakan Bursa Inovasi Kampung kota Jayapura di kawasan wisata Pantai Ciberi, Kamis, (21/11/2019).. (Gracio /LPC)

“Oleh karena itu dengan kegiatan bursa inovasi kampung, dapat memberi manfaat untuk pelaksanaan pengelolaan keuangan kampung, sehingga dapat berjalan dengan sukses dan tentu juga mengimplementasikan pengetahuan yang di dapat dari narasumber melalui program inovasi Kampung secara umum kepada masyarakat,” jelasnya.

Kota Jayapura kata Konu, sekarang sudah menuju smart city, untuk itu kiranya OPD, kepala Distrik dan Kampung semuanya harus berinovasi, dengan budaya dan potensi yang di miliki oleh masing- masing kampung.

“Karena itu diharapkan dana kampung yang sudah di turunkan tentu dipergunakan berinovasi untuk meningkatkan masyarakat kampung.
Dan melalui dana dan bantuan apa saja pemberdayaan Distrik kampung maupun kelurahan dapat terkenah sasaran,” kata Konu.

Pihaknya juga berpesan kepada seluruh kepala kampung perangkat kampung, Bamuskam serta masyarakat kampung untuk bersinergi bersama bergandengan tangan saling percaya dan bekerja sama untuk membangun kampung.

“Untuk para kepala Kampung diminta untuk berinovasi mengembangkan potensi budaya yang ada di masing-masing kampung melalui dana desa, agar dapat mensejahterahkan masyarakat kampung,”tandasnya.

Sementara Heni Moluke dalam laporannya mengatakan, pemerintah Kampung harus lebih berinovasi dengan adanya dana kampung. Pengelolaan dana Kampungpun harus dapat mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di kampung.

Sehingga kata Moluke, berkaitan dengan itu maka pemerintah kota Jayapura menyelenggarakan bursa inovasi kampung dengan harapan penyebaran dan pertukaan inisiatif dapat di terapkan di kampung.

“Jadi tujuannya adalah memperkenalkan inovasi masyarakat yang berkembang di kampung, menjaring komitmen pemerintah kampung mengadopsi inovasi yang di pelajari di dalam bursa inovasi kampung di hari ini,” katanya. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here