Upacara pembukaan perkemahan sabtu minggu (Persami) anggota Saka Wira Kartika Kodim 1701/Jayapura, yang digelar di Keerom, Sabtu (16/11/2019) kemarin. (Arief /LPC)

Diikuti 150 Anggota Saka Wira Kartika, Digelar di Makoramil 1701/04 Arso

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Dandim 1701/Jayapura, Kol. Inf. Jerry Harapan Tua Simatupang, bertindak selaku Pembina upacara sekaligus membuka kegiatan Persami (perkemahan sabtu minggu) Pramuka anggota Saka Wira Kartika. Kegiatan dilakukan pada Sabtu (16/11/2019) di Halaman Makoramil 1701/04 Arso.

Dandim 1701/Jayapura, Kol. Inf. Jerry Harapan Tua Simatupang, bertindak selaku Pembina upacara sekaligus membuka kegiatan Persami (perkemahan sabtu minggu) Pramuka anggota Saka Wira Kartika. Kegiatan dilakukan pada Sabtu (16/11/2019) di Halaman Makoramil 1701/04 Arso. (Arief /LPC)

Dandim 1701/Jayapura, Kol. Inf. Jerry Harapan Tua Simatupang, bertindak selaku Pembina upacara sekaligus membuka kegiatan Persami (perkemahan sabtu minggu) Pramuka anggota Saka Wira Kartika. Kegiatan dilakukan pada Sabtu (16/11/2019) di Halaman Makoramil 1701/04 Arso.. (Arief / LPC)

Pembukaan Persami Saka Wira Kartika Kodim 1701/Jayapura semester II TA 2019 kali ini mengambil tema ” Melalui pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika, TNI AD siap membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air demi menjaga keutuhan NKRI.”  Sebanyak 150 anggota Saka Wira Kartika di Keerom mengikuti kegiatan kali ini.

Adapun tamu undangan yang hadir pada kegiatan tersebut, Mayor Inf Rudolf Glend Paulus (Kasdim 1701/Jayapura), AKP Mujiat (Kasat Binmas Polres Kab. Keerom), Kapten Inf Suhardi Kadir (Pasiter Dim 1701/Jayapura), Kapten Inf Supriyadi (Pjs. Pasiops Dim 1701/Jayapura), Lettu Caj (K) Hagar Hariani Samin (Pasipers Dim 1701/Jayapura), Letda Sutrisno ( Pabinntal Satgas Pantas Yonif 300/ BWJ), Bapak Harun Ibo ( Pembina/ Kwartir Keerom), Ibu Dewi lestari (Pembina/ Kwartir Keerom), Bapak Yunus Isak (Pembina/ Kwartir Keerom), Bapak Arsto (Pembina/Kwartir Keerom) serta para Danramil jajaran Kodim 1701/Jayapura.

Dandim 1701/JYP, Kolonel Inf Jerry Harapan Tua Simatupang dalam sambutan selaku pembina upacara menyampaikan bahwa acara kali ini selain Persami sekaligus pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika  Kodim 1701/Jayapura tahun 2019.

‘’Kegiatan perkemahan Bhakti Wira Kartika ini, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin Bangsa dimasa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inivatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita Bangsa,’’ujarnya pada kesempatan tersebut.

Ia juga menambahkan beberapa pesan, harapan dan arahan agar kegiatan tersebut berguna sesuai dengan yang diharapkan. ‘’pertama, tingkatkan Intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa generasi muda. Pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan. Hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keraslah yang akan mendorong kemajuan dan keberhasilannya,’’lanjutnya.

Sementara yang kedua, Gerakan pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas. Bangun nilai dan sikap serta perilaku sejak dini melalui berbagai ragam kegiatan Pramuka.

Ketiga, ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat Bela Negara. Utamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme dalam membela kepentingan bangsanya. Gerakan pramuka pada khususnya dan generasi muda pada umumnya, harus mencintai Bangsa dan Negara tanah airnya.

Keempat. Mantapkan tekad Kaum muda sebagai patriot pembangunan.Kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor. Negeri ini akan maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik, kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dari pembangunan Nasional melalui karya-karya nyata.

Kelima, Kokohkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota pramuka, sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan. Kembangkan berbagai metodoligi dan kegiatan yang dapat membangun harmoni, kerukunan, kekompakan, kesetiakawanan, bahkan kasih sayang diantara sesama kaum muda.

Keenam.  Amalkan Satya dan Dharma Pramuka. Inti dari Satya dan Dharma dari gerakan pramuka adalah semangat, tekad, kode etik, termasuk pesan-pesan moral dan spritual. Tekat, semangat, kode etik, serta pesan itu, bukan hanya di junjung tinggi melainkan yang lebih penting dilaksanakan dan diamalkan, melalui pengamalan Satya dan Dharma Pramuka. Saya berharap geraka pramuka akan menjadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spritual generasi muda.

Pada kesempatan akhir upacara, Dandim melakukan penyematan tanda peserta Persami Anggota Saka Wira Kartika Kodim 1701/Jayapura. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dilanjutkan pemberian 5 materi dalam kegiatan tersebut, yaitu Navrat, Penanggulangan bencana, Pioner, Survivel, Mountenering, materi materi dasar Pramuka. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here