Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si. Irf (LPC)
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si. Irf (LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayapura kini sedang berupaya dan berfikir keras agar akses internet dapat tembus dan dinikmati hingga ke seluruh kampung-kampung di daerah tersebut.

Namun, cita-cita yang dimaksud kini bukan hanya sebatas angan-angan belaka saja, karena dengan bantuan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Maka Pemerintah Kabupaten Jayapura optimis internet bisa diakses oleh masyarakat di kampung-kampung lewat teknologi VSAT.

Hal itu dikatakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si, saat menyampaikan sambutannya dikegiatan sosialisasi miss internet Indonesia dan seminar literasi digital, Kamis (14/11/2019, di Suni Garden Lake Hotel and Resort, Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Acara yang diikuti oleh ratusan peserta perwakilan dari berbagai komponen masyarakat, pemuda, perempuan dan civitas akademika dari beberapa perguruan tinggi, yang tersebar di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Sebelumnya kalau mau akses internet sampai ke kampung, kita harus bangun tower dulu dan itu harus keluarkan biaya yang banyak. Tapi, sekarang dengan teknologi VSAT semua itu tidak perlu lagi,” jelasnya.

Pria yang pernah menjabat Kepala Balitbangda Kabupaten Jayapura ini mengatakan, dengan menggunakan teknologi VSAT akan melahirkan inovasi-inovasi baru dan melalui kegiatan sosialisasi atas prakarsa Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) Kabupaten Jayapura, kiranya para pengguna internet bisa berlaku sopan saat berselancar di dunia digital.

“Dan kedepannya kalau sudah tinggi ilmu harus lebih rendah hati, karena teknologi melahirkan inovasi dan inovasi melahirkan teknologi baru,” cetusnya.

Timothius J. Demetouw diakhir sambutannya menyampaikan, bahwa pihak Pemkab Jayapura sangat berterima kasih kepada para narasumber dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang jauh-jauh datang ke Papua, untuk memberikan banyak ilmu yang bermanfaat.

“Kiranya ini tidak berhenti sampai disini dan rekan-rekan APJII selanjutnya dengan segudang ilmu pengetahuan yang dimiliki, dapat membantu kami di Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam menciptakan generasi unggul dengan terus lakukan pendampingan,” ucapnya.

(Irf/Lintas Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here