Pertolongan Tuhan : Mendidik dan Mendewasakan
Baca: Mazmur 79:1-13

“Tolonglah kami, ya Allah penyelamat kami, demi kemuliaan nama-Mu! Lepaskanlah kami dan ampunilah dosa kami oleh karena nama-Mu!” (Mazmur 79:9)

Semua orang pasti mengalami masalah dalam hidup dan berharap mendapatkan pertolongan atau jalan keluar. Kepada siapa kita meminta pertolongan? Berserulah kepada Tuhan dan mintalah pertolongan-Nya.

Latar belakang ditulisnya Mazmur 79 ini adalah ketika kerajaan Yehuda mengalami keruntuhan, kota Yerusalem menjadi puing-puing karena serangan tentara Babel. Dalam keadaan terancam dan teraniaya, bani Asaf memanjatkan doa disertai dengan ratapan kepada Tuhan untuk meminta pertolongan.

Pergumulan berat apa yang Saudara alami saat ini? Mungkin keadaan Saudara seperti tembok runtuh, yang tersisa hanyalah puing-puing kehancuran. Manusia boleh saja beranggapan tidak ada harapan dan tak mungkin dipulihkan, tapi bagi Tuhan tidak ada perkara yang mustahil. Sehancur apa pun keadaan kita, Tuhan sanggup memulihkan.

Tuhan berfirman: “…apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu…” (Yeremia 29:12-14). 

Dalam menantikan pertolongan Tuhan kita seringkali salah dalam memahami waktu dan cara Tuhan untuk menolong, kita berpikir pertolongan Tuhan akan terjadi sama persis seperti yang kita harapkan.

Tuhan menolong kita berdasarkan kuasa, kekayaan dan kemuliaan-Nya. Karena itu jangan pernah mereka-reka jalan Tuhan. “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” (Yesaya 55:8-9).

Pertolongan dan janji pemulihan Tuhan pasti akan terjadi sesuai waktu-Nya. Karena itu dalam menantikan pertolongan Tuhan kita diajar untuk bersabar dan berserah penuh kepada-Nya; dan yang pasti, pertolongan Tuhan itu selalu mendidik dan mendewasan kita.

Tuhan selalu punya cara tersendiri untuk menolong dan memulihkan kita, karena itu tetaplah percaya !.  (Disadur Dari App Playstore Renungan Harian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here