Pimpinan OPD Pemerintah Provinsi Papua. (Berti Pahabol / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menilai kecil kemungkinan bagi kepala daerah untuk melakukan pelantikan 35 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hasil restrukturisasi birokrasi.

Hal itu disampaikan Hery Dosinaen kepada pers, di Jayapura, Kamis (31/10/2019).

“Kita berharap kemungkinan pelantikan 35 OPD baru dapat dilakukan pada awal Januari 2020 (dikarenakan saat ini masih disibukkan dengan agenda pemerintahan lainnya,” ujar dia.

Menurut dia, pemerintah provinsi sebenarnya telah mengumumkan secara terbuka untuk mengisi posisi di 35 OPD hasil reformasi birokrasi. Kendati demikian, kepastian pelantikan masih menunggu petunjuk kepala daerah.

Sebelumnya, Gubenur Papua, Lukas Enembe memastikan telah melakukan lelang jabatan bagi 35 Kepala Organisasi Perangkat Daerah baru, yang merupakan hasil restrukturisasi dari 52 lembaga yang ada sebelumnya.

Menurut gubernur dua periode ini, lelang jabatan selain merupakan amanat UU, dimaksudkan untuk menghasilkan pemimpin yang berkompeten, handal, profesional dan berintegritas tinggi.

“Yang pasti kami tidak main-main dan menempatkan sembarangan orang menjadi Kepala OPD. Yang pasti, mereka semua harus melalui uji kempetensi dan memenuhi syarat. Sehingga keberadaan mereka di OPD baru ini, mampu menjawab tuntutan permasalahan yang selama ini belum terjawab,” tegas dia.

Kendati demikian, Pemprov Papua juga menggelar pelatihan bagi pejabat eselon II untuk jabatan fungsional. Dengan demikian, bagi mereka yag tak duduk pada jabatan struktural di 35 OPD, dapat berkesempatan sebagai analis untuk membantu tugas-tugas pemerintahan. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here