Dosen Prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura, Ns. Nurhidayah Amir, S.Kep., M.Kes. Richard (LPC)
Dosen Prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura, Ns. Nurhidayah Amir, S.Kep., M.Kes. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Berbicara tentang kesehatan reproduksi sangat berkaitan erat dengan remaja, utamanya mereka harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan  reproduksi mereka. Karena disaat masa remaja atau pubertas, ada terjadi perubahan dalam diri mereka,  baik secara fisik maupun sikis.

Hal itu dikatakan Dosen Prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura, Ns. Nurhidayah Amir, S.Kep., M.Kes, kepada ratusan pelajar dalam acara Papuan Youth Festival 2019  yang diselengarakan oleh Inti Muda Papua (IMP) bertajuk  ‘Love Yourselt First’, Kamis 7 November 2019, Hotel Horizon Kotaraja, Kota Jayapura.

“perubahan yang terjadi dalam diri remaja pria secara fisik terlihat berkumis, suara lebih bass, badan  tinggi, tumbu bulu-bulu disekitar badan dan areal sensitif pria, serta mimpi basah. Dan secara sikis mulai menyukai lawan jenis atau wanita”, kata Nurhidayah.

Sementara perubahan dalam diri remaja wanita, sebut Dosen Keperawatan itu terlihat pada pingul mereka yang melebar, payudara mulai membesar, terjadi menstruasi, tumbu bulu-bulu disekitar badan dan areal sensitif wanita.

“perubahan yang terjadi dalam diri remaja pria dan remaja wanita pada masa pubertas itu ada,  baik fisik, sikis, dan mental mereka, dimana mereka merasa dewasa dalam menyikapi masalah”, Ujar Nurhidayah.

(Richard Mayor)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here